Pengembangan Konten Kecerdasan Komprehensif dalam Materi Fisika untuk Buku Siswa pada Implementasi Kurikulum 2013 SMA

Kamus, Zulhendri and Asrizal, Asrizal (2018) Pengembangan Konten Kecerdasan Komprehensif dalam Materi Fisika untuk Buku Siswa pada Implementasi Kurikulum 2013 SMA. Project Report. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Padang.

[img]
Preview
Text
1_400_lapakh_LaporanAkhirPPT2018.pdf

Download (651kB) | Preview

Abstract

Revisi kurikulum 2013 menekankan kembali akan pentingnya penguatan pendidikan karakter yang berdampingan dengan pengembangan intelektualitas yang tercermin dalam pencapaian kompetensi. Harapan ini sesungguhnya telah dicetuskan oleh Ki Hadjar Dewantara (Bapak Pendidikan Indonesia) bahwa pendidikan merupakan segala upaya untuk mengembangkan dan menumbuhkan budi pekerti (kekuatan batin, karakter), pikiran (intelek) dan tubuh anak. Semua elemen ini tidak boleh terpisah atau dilaksanakan secara komprehensif agar kesempurnaan hidup peserta didik dapat tercapai. Namun, pelaksanaan pendidikan saat ini lebih menekankan pada olah pikir (kecerdasan intelektual) dan mengabaikan elemen lain seperti olah rasa (kecerdasan sosial dan emosional), oleh hati (kecerdasan spiritual) dan olah raga (kecerdasan kinestetik). Konsistensi dan keterpaduan dari setiap elemen kurikulum diperlukan agar peserta didik mampu mencapai kompetensi secara holistik atau komprehensif dan seimbang dengan pengembangan karakter. Pengembangan materi pembelajaran menjadi salah satu faktor penting untuk dilakukan agar semua kompetensi dapat dicapai dengan baik oleh peserta didik. Implikasi dari tuntutan ini adalah materi pembelajaran khususnya mata pelajaran fisika dalam bentuk buku harus memiliki konten sikap religius, sosial, pengetahuan dan keterampilan secara utuh atau komprehensif. Saat ini, isi buku dari mata pelajaran fisika masih didominasi oleh pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan nilai-nilai sikap religius dan sosial belum ditumbuhkan dari pengembangan pengetahuan tentang fisika dan masih dilakukan melalui himbauan atau ajakan. Alternatif terhadap permasalahan yang terjadi adalah penelitian pengembangan konten kecerdasan komprehensif dalam materi fisika untuk buku siswa yang digunakan dalam pembelajaran menurut kurikulum 2013 di SMA. Hasil penelitian yang diperoleh pada tahun pertama adalah telah dihasilkan konten kecerdasan komprehensif dalam materi fisika untuk buku siswa dan draft buku fisika kecerdasan komprehensif untuk buku siswa kelas X SMA. Pada tahun kedua, hasil penelitian yang telah dicapai adalah buku fisika kecerdasan komprehensif untuk siswa kelas X yang sangat validitas, sangat praktis dan efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasil lain yang akan dicapai pada tahun kedua ini adalah mengetahui pengaruh implementasi buku fisika kecerdasan komprehensif dalam pembelajaran siswa kelas X SMA, serta buku fisika kecerdasan komprehensif kelas X SMA yang diterbitkan dan memiliki ISBN.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 17 Dec 2020 05:06
Last Modified: 17 Dec 2020 05:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29089

Actions (login required)

View Item View Item