Efektivitas Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang

Yanta, Annisa Putri Febri (2020) Efektivitas Media Pop-Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Vokal Bagi Anak Tunagrahita Ringan di SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_ANNISA_PUTRI_FEBRI_YANTA_15003148_1303_2020.pdf

Download (210kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang ditemukan di lapangan dimana terdapat 5 orang anak tunagrahita yang mengalami permasalahan pada pembelajaran huruf vokal. Pada pembelajaran huruf vokal anak terlihat kurang tertarik dan berminat pada pembelajaran, sehingga menyebabkan anak mudah bosan pada saaat pembelajaran. Berdasarkan permasalahan tersebut, peneliti tertarik untuk menggunakan media pop-up book untuk meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal huruf vokal. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan efektivitas media pop-up book dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal pada anak tunagrahita ringan di SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu pre-eksperimental design dengan jenis design one group pretest and posttest. Dimana subjek terdiri dari lima orang anak tunagrahita. Penelitian ini terdiri dari beberapa tahapan, diawali dengan pretest yaitu sebelum diberikan perlakuan, selanjutnya diberikan treatment dalam mengenal huruf vokal menggunakan media pop-up book dan terakhir diberikan posttest. Nilai pretest dan posttest diolah serta dibandingkan dengan menggunakan Uji Mann Whitney untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian diperoleh Uhit = 25 dan Utab = 4 pada taraf signifikan 95% dan α = 0,05. Hipotesis alternatif diterima karena Uhit > Utab, ini membuktikan bahwa media pop-up book efektif digunakan dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal bagi anak tunagrahita ringan di SLB Hikmah Miftahul Jannah Padang.Penulis memberikan saran sebagai berikut para pendidik lebih memperhatikan hal dalam layanan pendidikan bagi anak tunagrahita ringan dalam meningkatkan kemampuan megenal huruf vokal sehingga anak dapat menguasai pembelajaran lanjutannya dan tujuan pembelajaran dapat tercapai untuk peneliti selanjutnya yang ingin meneliti dapat membuat hal yang lebih kreatif, berkreasi dan berinovasi dalam meningkatkan kemampuan mengenal huruf vokal agar anak tunagrahita dapat membaca kalimat dengan benar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Biasa - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 17 Dec 2020 05:06
Last Modified: 17 Dec 2020 05:06
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29084

Actions (login required)

View Item View Item