Pengembangan Laboratorium Virtual melalui ICT untuk Menunjang Pelaksanaan Perkuliahan Fisika Inti di Jurusan Fisika FMIPA UNP

Hidayati, Hidayati and Masril, Masril (2018) Pengembangan Laboratorium Virtual melalui ICT untuk Menunjang Pelaksanaan Perkuliahan Fisika Inti di Jurusan Fisika FMIPA UNP. Project Report. FMIPA UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_406_lapakh_LAPORANAKHIRPPTHIDAYATIFMIPA-compressed.pdf

Download (155kB) | Preview

Abstract

Matakuliah fisika inti merupakan matakuliah wajib dalam kurikulum Jurusan Fisika FMIPA UNP. Matakuliah ini diambil oleh seluruh mahasiswa Jurusan Fisika pada Semester 6 dengan tujuan agar mahasiswa dapat memahami konsep-konsep fisika lanjut. Berbagai upaya telah dilakukan untuk menunjang pelaksanaan perkuliahan Fisika Inti. Mulai dari pembuatan perangkat perkuliahan Fisika Inti yang didanai IDB pada tahun 2013, pembuatan jobsheet pada tahun 2014 dan penulisan buku ajar pada tahun 2015. Namun keaktifan dan nilai akhir yang diperoleh mahasiswa walau sudah meningkat dari tahun ke tahunnya tapi belum seperti yang diharapkan. Masih banyak mahasiswa yang belum mampu mencapai hasil yang memuaskan. Hal ini dapat dilihat dari jumlah mahasiswa yang mengulang setiap semester, baik melalui perkuliahan semester pendek maupun dalam kelas reguler. Hal ini mungkin karena selama ini yang menjadi perhatian baru dari segi proses dan hasil untuk aspek pengetahuan sedangkan pratikumnya belum mendapat perhatian. Fasilitas internet/wifi sudah sangat luas dan mudah di akses di UNP. Selama ini fasilitas ini sudah digunakan dalam perkuliahan Fisika Inti dalam bentuk e-learning. Fasilitas e-learning digunakan untuk memberikan bahan perkuliahan dan juga tugas pada mahasiswa dan mahasiswa menyerahkan tugas. Fasilitas internet dan e-learning ini masih digunakan dalam kompetensi pengetahuan karena belum tersedianya perangkat penunjang dalam melakukan kegiatan perkulihan pada kompetensi keterampilan. Oleh sebab itu dalam rangka meningkatkan mutu perkuliahan Fisika Inti disamping memahami materi dari aspek pengetahuan diharapkan mahasiswa juga melakukan pratikum untuk aspek keterampilan. Karena materi dari perkuliahan Fisika Inti ini bersifat mikroskopik maka sampai saat ini belum ada alat pratikum yang tersedia di laboratorium Jurusan Fisika FMIPA UNP. Untuk itu melalui penelitian ini akan dikembangkan laboratorium virtual melalui ICT sehingga mahasiswa mampu untuk menguasai konsep-konsep Fisika Inti dengan baik. Untuk mencapai target penelitian, telah dilakukan penelitian Research and Development (R&D) model 4-D. Pada Tahun I telah dilakukan tiga tahap R&D yang dimulai dengan pendefinisian (define) yaitu mengidentifikasi masalah-masalah yang ada pada Perkuliahan Fisika Inti, kemudian merancang model laboratorium virtual melalui ICT (design) dan pengembangan LKM yang akan digunakan (development). Setelah dilakukan pengembangan, dilakukan uji validitas kepada pakar untuk melihat derajat validitas laboratorium virtual yang dikembang. Pada Tahun II ini setelah melakukan revisi berdasarkan masukkan pada tahun pertama dilakukan validitas pada kelompok kecil. Setelah itu dilakukan uji praktikalitas kepada dosen dan mahasiswa Perkuliahan Fisika Inti untuk melihat tingkat kepraktisan penggunaan laboratorium virtual dan LKM, dan uji efektifitas terbatas kepada mahasiswa untuk melihat apakah laboratorium virtual yang dikembangkan efektif atau tidak, dilanjutkan penyebaran (dessiminate) ke semua kelas..

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Fisika - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:59
Last Modified: 16 Dec 2020 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29082

Actions (login required)

View Item View Item