Pembuatan Modul SMA Berbasis Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Tahun ke 2)

Ellizar, Ellizar and Hardeli, Hardeli (2018) Pembuatan Modul SMA Berbasis Discovery Learning dengan Pendekatan Scientific untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa (Tahun ke 2). Project Report. FMIPA UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_417_lapakh_LAPORANAKHIRMODULfinal2018_docx-Copy.pdf

Download (142kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian pada tahun ke dua adalah untuk melakukan uji lebih luas dari modul pembelajaran Kimia SMA berbasis discovery learning dengan pendekatan saintifik yang telah dihasilkan pada penelitian tahun I. Pada uji coba juga diberikan RPP yang dapat dijadikan pedoman bagi guru dalam melaksanakan pembelajaran dengan pendekatan saintifik menggunakan modul. Tahun pertama telah dikembangkan dan dihasilkan modul pembelajaran untuk kelas X dan XI sampai tahap Design dan develop yang menghasilkan modul yang valid dan praktis. Pada tahun kedua telah dilakukan uji efektivitas melalui pelaksanaan pembelajaran di dua sekolah. Hasil uji ini menghasilkan modul pembelajaran untuk kelas X dan XI yang efektif. Setiap modul yang telah valid digunakan dalam pembelajaran dengan mengungkapkan seberapa besar pengaruh modul tersebut terhadap hasil belajar siswa. Untuk tahun ke dua ini telah diuji coba 4 buah modul masing-masing dilakukan di dua sekolah melalui penelitian eksperimen untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan modul terhadap hasil belajar dan kemampuan berpikir kritis siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kelas yang diberi pembelajaran menggunakan modul, hasil belajar siswa lebih tinggi dari siswa yang belajar tanpa modul. Selain aitu, ternyata pada sekolah dengan kategori kemampuan siswa sedang, penggunaan modul dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Sedang padasekolah dengan kemampuan rendah, terdapat perbedaan hasil belajar antara siswa yang menggunakan modul dengan siswa tanpa menggunakan modul dimana kelas yang menggunakan modul hasil belajar lebih tinggi dari yang tanpa modul. Namun dalam hal kemampuan berpikir kritis tidak terdapat perbedaan antara kelas yang belajar dengan dan tanpa modul. Dapat disimpulkan bahwa modul cocok digunakan untuk siswa dengan kemampuan sedang karena berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:59
Last Modified: 16 Dec 2020 02:59
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29080

Actions (login required)

View Item View Item