Sel Surya Berbasis Titania dengan Zat Warna Antosianin dari Berbagai Sumber Alami yang Dikopigmentasi Asam (Tahun Ke 1 dari Rencana 2 Tahun)

Hardeli, Hardeli and Sanjaya, Hary and Rahadian, Z (2018) Sel Surya Berbasis Titania dengan Zat Warna Antosianin dari Berbagai Sumber Alami yang Dikopigmentasi Asam (Tahun Ke 1 dari Rencana 2 Tahun). Project Report. FMIPA UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_423_lapakh_LaporanAkhir-2.pdf

Download (925kB) | Preview

Abstract

Persediaan energi dunia yang berasal dari fosil semakin menipis, oleh sebab itu perlu dicarikan alternatif sebagai penggantinya. Sumber energi dari Sel surya merupakan salah satu solusi yang bisa dipakai untuk menghasilkan energi alternatif. Saat ini sel surya berbahan 4rganic yang mendominasi pasar harganya 4rganic4 masih lebih mahal dibandingkan energi yang berasal dari fosil karena semua proses pada sel surya melibatkan material 4rganic. Ada cara yang lebih sederhana untuk mengkonversi cahaya matahari menjadi energi listrik yaitu dengan membuat sel surya berbasis fotoelektrokimia dimana digunakan zat warna 4rganic sebagai penyerap cahaya matahari dan semikonduktor anorganik sebagai tempat terjadinya separasi muatan listrik. Sel surya ini menggunakan zat warna antosianin yang berasal dari berbagai sumber alami (kulit jengkol, kulit manggis, buah senduduk, anggur merah, Jahe merah) sebagai sumber dye yang dikopigmentasi dengan asam dan semikonduktor TiO berpori ukuran nanometer yang disintesis dengan menggunakan metoda sol-gel dan didoping dengan logam Tembaga, seng dan besi. Pelitian ini bertujuan untuk membuat sel surya dan mengetahui nilai konversi energi surya menjadi energi listrik serta meningkatkan nilai efisiensi yang dihasilkan. Untuk itu dilakukan tahap-tahap penelitian yang meliputi: 1). Melakukan pendopingan logam tembaga, seng dan besi pada lapisan titanium dioksida, 2). Melakukan karakterisasi film tipis di permukaan kaca, yaitu melihat struktur kristal, topografi permukaan dan komposisi permukaan, 3). Melakukan ekstraksi antosianin dari limbah kulit jengkol, kulit manggis, buah senduduk, anggur merah dan jahe merah serta mengkopigmentasi antosianin ini dengan asam, 4). Perangkaian komponen sel surya, 5). Menentukan arus-tahanan dari sel surya yang dibuat dengan berbagai teknik pengukuran, dan 6). Menghasilkan sel surya dengan efisiensi yang tinggi dengan data pendukungnya

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 16 Dec 2020 02:23
Last Modified: 16 Dec 2020 02:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29076

Actions (login required)

View Item View Item