Bentuk Penyajian Tari Ramo-ramo Tabang Duo di Sanggar Sabirullah Matador Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan

Novitri, Widya (2020) Bentuk Penyajian Tari Ramo-ramo Tabang Duo di Sanggar Sabirullah Matador Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_WIDYA_NOVITRI_16023145_2025_2020 .pdf

Download (62kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bentuk Penyajian Tari Ramo-ramo Tabang Duo di Sanggar Sabirullah Matador Nagari Pasir Talang Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif analisis. Objek penelitian ini Tari Ramo-ramo Tabang Duo yang ada di kanagarian Jorong Bandar Dalam. Instrumen utama adalah peneliti sendiri dengan alat bantu berupa alat tulis dan kamera foto. Teknik pengumpulan data berupa studi keputakaan, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis dataadalah dengan cara mengumpulkan data, menganalisis data, memilah data yang sesuai Bentuk Penyajian Tari Ramo-ramo Tabang Duo lalu mendeskripsikan data yang sesuai dengan masalah-masalah yang dibahas. Hasil penelitian membuktikan bahwa dalam Bentuk Penyajian Tari Ramo-ramo Tabang Duo berbentuk Non representatif, yang secara menyeluruh meliput unsur-unsur atau elemen pokok dan pendukung tari. Elemen-elemen itu adalah Gerak Tari, Desain Lantai, Desain Musik, Rias dan Kostum, Tempat Pertunjukan atau Stage.Tari Ramo-ramo Tabang Duo mempunyai sepuluh macam gerak, yaitu: Gerak Persembahan, Gerak Ramo-ramo Tabang, Gerak Tupai Bagaluik, Gerak Pipik Tabang Duo, Gerak Sipatuang Mandi, Gerak Alang Babega,Gerak Pipik Jantuang Manasok, Gerak Anggang Makan, Gerak Ula Bagaluik, Gerak Letang Pulang.Pola lantai tari Ramo-ramo Tabang Duo dalam satu ragam gerak terdapat dua atau satu pola lantai membentuk pola garis segitiga. Musik pengiring tari Ramo-ramo Tabang Duo terdiri dari : gandang dan rabab. Rias yang digunakan adalah rias cantik. Kostum yang dipakai penari tari Ramo-ramo Tabang Duo seperti baju kurung basibah berwarna kuning keemasan, celana berwarna kuning keemasan, serta tokah bahu, ikat pinggang, dan sorban. Tari Ramo-ramo Tabang Duo tidak menggunakan properti. Tari Ramo-ramo Tabang Duo bisa ditampilkan di panggung proscenium dan area terbuka.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 15 Dec 2020 05:41
Last Modified: 15 Dec 2020 05:41
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29071

Actions (login required)

View Item View Item