Pemanfaatan Limbah Biomassa menjadi Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakterial sebagai Solusi Mengatasi Pencemaran Lingkungan

Putra, Ananda and Amran, Ali (2018) Pemanfaatan Limbah Biomassa menjadi Plastik Biodegradable Berbasis Selulosa Bakterial sebagai Solusi Mengatasi Pencemaran Lingkungan. Project Report. FMIPA UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_428_lapakh_laporanakhir-PPT-pbp-ananda_opt.pdf

Download (225kB) | Preview

Abstract

Perkembangan zaman yang semakin modern mengubah pola pikir manusia yang memacu industri untuk berinovasi mengeluarkan produk-produk yang lebih praktis, diantaranya plastik yang bersifat ringan, elastis, dan mudah digunakan. Pada saat ini, plastik yang digunakan sebagai alat pengemas makanan dan lainnya berasal dari hasil olahan minyak bumi dan gas alam yang dipolimerisasi. Penggunaan plastik hasil olahan minyak bumi dan gas alam ini sangat merugikan karena sangat sulit terurai/terdegradasi oleh mikroorganisme sehingga menyebabkan masalah yang serius pada lingkungan. Oleh karena itu sangat perlu dicarikan suatu alternatif bahan plastik yang mudah terurai/biodegradable untuk mengatasi pencemaran lingkungan. Salah satu alternatif bahan yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan plastik yang murah dan ramah lingkungan yaitu dengan memanfaatkan limbah-limbah biomassa seperti limbah kulit buah-buahan dan sayur-sayuran. Tujuan penelitian ini adalah memanfaatkan limbah biomassa untuk mensintesis plastik yang mudah terurai/terdegradasi berbasis selulosa bakterial. Olahan limbah biomassa difermentasi dengan Acetobacter Xylinum degan penambahan variasi zat pemplastis dan zat aditif/campuran lainnya menghasilkan selulosa bakterial. Selulosa bakterial inilah yang akan dijadikan basis dari pembuatan plastik biodegradable. Plastik biodegradable ini akan dikarakterisasi sifat fisik, mekanik, struktur dan biokompatibilitinya. Penelitian ini dilaksanakan selama dua tahun. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi referensi kebijakan bagi Pemerintah Republik Indonesia (umumnya) dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (khususnya), berupa penerapan inovasi penanggulangan masalah pencemaran lingkungan karena plastik yang saat ini beredar di masyarakat sulit terdegradasi dan dapat membantu pemerintah dalam menerapkan program lingkungan bebas sampah plastik serta dapat membantu mengatasi permasalahan kesuburan tanah dan banjir karena sampah plastik yang tidak terdegradasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Dec 2020 04:07
Last Modified: 14 Dec 2020 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29066

Actions (login required)

View Item View Item