Optimasi dan Analisis Sistem Kompleks Logam Oksinat dalam Penentuan Kandungan Logam menggunakan Oksin sebagai Pengompleks secara HPLC

Rahadian, Z and Efendi, Jon (2018) Optimasi dan Analisis Sistem Kompleks Logam Oksinat dalam Penentuan Kandungan Logam menggunakan Oksin sebagai Pengompleks secara HPLC. Project Report. FMIPA UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_429_lapakh_LapAkhir2018BudhiOktavia.pdf

Download (732kB) | Preview

Abstract

Logam berat merupakan logam yang mempunyai massa jenis lebih dari 5 g/cm terletak di sudut kanan bawah sistem periodik. Logam berat jarang sekali berbentuk atom sendiri di dalam air, tetapi biasanya terikat oleh senyawa lain sehingga berbentuk molekul. Logam berat merupakan senyawa kimia yang berpotensi menimbulkan masalah pencemaran lingkungan. Metode analisa kadar logam berat yang terdapat di lingkungan perairan dikembangkan secara simultan masih dikembangkan. Analisa secara simultan memberikan keuntungan dalam hal efisiensi waktu dan biaya. Pada penelitian ini akan dikembangkan analisa logam berat berdasarkan pembentukan kompleks dengan senyawa oksin. Diketahui oksin dapat membentuk kompleks berwarna kuning dengan beberapa ion logam. Penggunaan oksin sebagai pengompleks dipilih berdasarkan kepada warna dan pH senyawa kompleks yang terbentuk. Dengan melakukan optimasi dan analisis terhadap system kompleks yang terbentuk dapat dihasilkan metode yang sangat baik untuk analisis beberapa logam berat secara simultan menggunakan High Performance Liquid Chromatography (HPLC).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Dec 2020 04:07
Last Modified: 14 Dec 2020 04:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29064

Actions (login required)

View Item View Item