Disain dan Modifikasi Katalis Oksida Logam Aktif Nano-multiscale (ZnO, CuO, TiO2 dan Kompositnya) untuk Aplikasi Penanganan Limbah Cair di Sumatera Barat

Zainul, Rahadian and Khair, Miftahul (2018) Disain dan Modifikasi Katalis Oksida Logam Aktif Nano-multiscale (ZnO, CuO, TiO2 dan Kompositnya) untuk Aplikasi Penanganan Limbah Cair di Sumatera Barat. Project Report. FMIPA UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_431_lapakh_LaporanAkhirTahun1PT.pdf

Download (810kB) | Preview

Abstract

Riset ini bertujuan untuk mendisain dan memodifikasi katalis oksida logam aktif untuk aplikasi penanganan limbah cair di Sumatera Barat. Logam oksida meiputi ZnO, CuO dan TiO2 dalam keadaan tunggal dan kompositnya. Proses sintesis untuk mendapatkan katalis dalam bentuk nano katalis dan multi-skala katalis heterogen dilakukan melalui berbagai tahapan dan metode untuk mendapatkan kinerja katalis yang efektif bekerja dengan bantuan cahaya. Modifikasi meliputi permukaan katalis dan penempatannya dalam reaktor fotokatalis yang menjadi wadah transformator limbah cair. Limbah cair yang akan diterapkan meliputi limbah organik dan asam asam organik yang menyebabkan permasalahan permanen pada air rawa gambut. Di samping itu, aplikasi penanganan limbah logam logam berat diterapkan pada sistem fotodeposisi sehingga proses yang terjadi adalah pendeposisian limbah logam dengan efek ganda. Efek pertama adalah limbah ion logam terbersihkan, dan efek kedua adalah proses sintesis nano-logam dan nano oksida logam dari limbah dapat diperoleh.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:46
Last Modified: 14 Dec 2020 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29062

Actions (login required)

View Item View Item