Analisis Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Padang

Dewi, Silvia Mardila (2020) Analisis Struktur dan Ciri Kebahasaan Teks Laporan Hasil Observasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SILVIA_MARDILA_DEWI_16016122_2809_2020.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada dua. Pertama, mendeskripsikan struktur teks laporan hasil observasi karya siswa kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Kedua, mendeskripsikan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi karya siswa kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Latar penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 18 Padang, tepatnya di kelas VII.2. Data dalam penelitian ini adalah struktur dan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi yang ditulis oleh siswa kelas VII SMP Negeri 18 Padang. Sumber data dalam penelitian ini adalah teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Padang yang ditulis oleh siswa kelas VII.2 berjumlah tiga puluh teks.Instrumen dalam penelitian ini adalah peneliti sendiri. Data dianalisis dengan mendeskripsikan, menganalisis, dan membahas data berdasarkan teori. Hasil penelitian ini ada dua. Pertama, pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Padang ditemukan tiga struktur teks laporan hasil observasi, yaitu definisi umum, deskripsi bagian, dan kesimpulan. Dari tiga puluh teks laporan hasil observasi yang dianalisis, ditemukan dua puluh enam teks laporan hasil observasi sudah memiliki struktur definisi umum, deskripsi bagian, dan kesimpulan dan empat teks lainnya tidak memilki struktur kesimpulan.Kedua, pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Padang, umumnya siswa sudah menggunakan keempat ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi. Keempat ciri kebahasaan tersebut, yaitu pronomina, konjungsi, kalimat definisi, dan repetis. Hal tersebut terbukti dari tiga puluh teks yang telah dianalisis ditemukan dua puluh empat teks telah menggunakan keempat ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi secara lengkap dan enam teks lainnya belum menggunakan ciri kebahasaan dengan lengkap. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa struktur dan ciri kebahasaan pada teks laporan hasil observasi siswa kelas VII SMP Negeri 18 Padang sudah baik. Hal tersebut dapat dilihat dari tiga puluh teks laporan hasil observasi yang dianalisis, dua puluh enam teks laporan hasil observasi sudah memiliki struktur yang lengkap dan dari tiga puluh teks laporan hasil observasi yang dianalisis, dua puluh empat teks telah menggunakan ciri kebahasaan teks laporan hasil observasi dengan lengkap

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 11 Dec 2020 02:02
Last Modified: 11 Dec 2020 02:02
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29049

Actions (login required)

View Item View Item