Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Padang

Putri, Serly Yusa (2020) Kontribusi Keterampilan Menyimak Berita Terhadap Keterampilan Menulis Teks Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SERLY_YUSA_PUTRI_14016118_2256_2020.pdf

Download (85kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menyimak berita siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang. Ketiga, mendeskripsikan kontribusi keterampilan menyimak berita terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu 243 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan proportional random sampling 20% dari populasi, yaitu 50 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan menyimak berita dan skor hasil tes keterampilan menulis teks berita. Instrumen penelitian ini yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan menyimak berita dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks berita. Berdasarkan analisis data dan pembahasan, diperoleh tiga hal berikut. Pertama, keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padangberada pada kualifikasi baik. Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung tes menulis teks berita sebesar 81,33.Kedua, keterampilan menyimak berita teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang berada pada kualifikasi baik. Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata hitung sebesar 81,05. Ketiga, keterampilan menyimak berita memiliki kontribusi sebesar 54,61%.terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang dan selebihnya (45,39%) dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penenelitian, disimpulkan bahwa keterampilan menyimak berita berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang. Dengan kata lain, hipotesis kerja (H1) yang berbunyi “Terdapat kontribusi keterampilan menyimak berita terhadap keterampilan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 21 Padang” diterim

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Dec 2020 03:43
Last Modified: 10 Dec 2020 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29047

Actions (login required)

View Item View Item