Praktikalitas dan Efektivitas Materi Ajar Keterampilan Berwawancara Berbasis Teknik Tiru Model dalam Gelar Wicara Tipe Serious Discussion di Televisi

Farazia, Selly (2020) Praktikalitas dan Efektivitas Materi Ajar Keterampilan Berwawancara Berbasis Teknik Tiru Model dalam Gelar Wicara Tipe Serious Discussion di Televisi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_SELLY_FARAZIA_16016027_2028_2020.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Mahasiswa memerlukan sumber belajar pendamping yang inovatif dan dapat digunakan secara mandiri dalam kegiatan pembelajaran Keterampilan Berwawancara. Oleh karena itu, penelitian pengembangan materi ajar keterampilan berwawancara berbasis teknik tiru model ini dijadikan sebagai salah satu alternatif untuk mengatasi keterbatasan sumber belajar pada pembelajaran keterampilan berwawancara. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dua hal. Pertama, mendeskripsikan proses pengembangan materi ajar keterampilanberwawancara berbasis teknik tiru model dalam gelar wicara tipe serious discussion di televisi yang valid (dilihat dari segi isi, kebahasaan, penyajian, dankegrafikan). Kedua, mendeskripsikan bagamana tingkat praktikalitas dan efektivitas materi ajar keterampilan berwawancara berbasis teknik tiru model dalam gelar wicara tipe serious discussion yang digunakan oleh mahasiswa prodi Pendidikan Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development). Model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yangmeliputi empat tahap, yakni pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yang mengambil mata kuliah Retorika pada semester Juli- Desember 2019, pada prodi Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Negeri Padang.Hasil penelitian menunjukkan bahwa materi ajar yang dihasilkan berkategori valid, praktis, dan efektif. Hal ini dapat dilihat berdasarkan nilai validitas, praktikalitas, dan efektivitas. Nilai validitas materi ajar secara keseluruhan adalah 91,69% dengan kategori sangat valid. Nilai praktikalitas diperoleh dari dua aspek, yakni praktikalitas berdasarkan penilaian dosen, dan praktikalitas berdasarkan penilaian mahasiswa. Berdasarkan penilaian dosen, diperoleh tingkat praktikalitas materi ajar ini sebesar 85,76% dengan kategorisangat praktis, sedangkan berdasarkan penilaian mahasiswa, materi ajar ini memiliki tingkat praktikalitas sebesar 86,75% dengan kategori sangat praktis. Selanjutnya, nilai efektivitas materi ajar dilihat dari tiga hal, yaitu observasiaktivitas, observasi sikap, dan hasil belajar mahasiswa saat menggunakan materi ajar. Berdasarkan observasi aktivitas mahasiswa, diperoleh nilai aktivitas sebesar 92% dan berkategori sangat aktif. Berdasarkan observasi sikap, diperoleh nilai sikap mahasiswa sebesar 90,22% dengan prdikat A. Hasil belajar mahasiswa didapat dari dua tugas, yaitu tugas kelompok dan tugas individu. Rata-rata nilai tugas kelompok adalah 88 dengan nilai ubahan A, begitupun dengan rata-rata nilai tugas individu diperoleh sebesar 86,40. Berdasarkan data yang dipaparkan di atas, dapat disimpulkan bahwa materi ajar keterampilan berwawancara berbasis teknik tiru model dalam gelar wicara tipe serious discussion di televisi dapat menunjang hasil belajar mahasiswa pada pembelajaran keterampilan berwawancara

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Dec 2020 03:43
Last Modified: 10 Dec 2020 03:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29046

Actions (login required)

View Item View Item