Design Modul Asam Basa Model REACT (Relating, Experiencing, Aplying, Cooperating, and Transfering) Terintegrasi Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA

Gazali, Fauzana and Yusmaita, Eka (2018) Design Modul Asam Basa Model REACT (Relating, Experiencing, Aplying, Cooperating, and Transfering) Terintegrasi Eksperimen untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMA. Project Report. FMIPA UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_445_lapakh_LAFG11.pdf

Download (679kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan modul asam basa yang valid dan praktis untuk pembelajaran kimia bagi siswa kelas XI MIA SMA. Modul ini dikembangkan sesuai dengan langkah-langkah strategi pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, dan Transfering) yang merupakan salah satu bentuk dari Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Jenis penelitian ini adalah penelitian Research and Development dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Developed dan Desseminate). Namun tahap Desseminate tidak dilakukan pada penelitian ini karena keterbatasan waktu dan biaya. Instrumen Pengumpul data yang digunakan adalah berupa Angket validitas, angket respon guru dan angket respon siswa. Validasi modul rencananya dilakukan oleh 4 orang dosen dan 3 orang guru kimia SMA. Sedangkan data praktikalitas modul diperoleh dari angket respon guru dan siswa yang diolah dengan formula kappa cohen untuk melihat kepraktisan penggunaan modul dilapangan. Dari penelitian menghasilkan produk berupa modul asam basa model REACT yang valid dan praktis untuk pembelajaran kimia di SMA

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Kimia - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 14 Dec 2020 02:46
Last Modified: 14 Dec 2020 02:46
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29044

Actions (login required)

View Item View Item