Penggunaan Alat Komunikasi Grup Whatsapp dalam Pembelajaran Seni Tari di kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Bukittinggi

Suci, Reski (2020) Penggunaan Alat Komunikasi Grup Whatsapp dalam Pembelajaran Seni Tari di kelas VIII 1 SMP Negeri 2 Bukittinggi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RESKI_SUCI_16023130_2251_2020.pdf

Download (64kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan dari untuk mengetahui penggunaan alat komukasi grup whatsapp pada pembelajaran tari di kelas VIII.1 SMP Negeri 2 Bukittinggi. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pengetahuan (kognitif). Jenis data menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, tes hasil belajar, dokumentasi dan studi pustaka. Langkah-langkah untuk menganalisis data reduksi data, penyajian data dan membuat kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran menggunakan whatsapp grup di kelas VIII.1 SMP N 2 Bukittinggi hasilnya cukup baik. Dilihat dari perencanaan, rancangan pembelajaran guru tetap sama namun yang sedikit membedakannya yaitu langkah-langkah pembelajaran yang dilaksanakan guru karena menggunakan aplikasi grup whatsapp sedangkan media yang digunakan tetap dengan menggunakan materi dalam bentuk power point yang dikirimkan kedalam chat grup whatsapp. Dilihat dari proses pelaksanaan pembelajaran materi yang diajarkan guru hanya kompetensi dasar pengetahuan sedangkan kompetensi dasar keterampilan tidak diajarkan guru, sehingga pembelajaran yang berjalan hanya KD 3 sedangkan KD 4 tidak terlaksana. Pada proses pembelajaran guru selalu mengajak siswa untuk berinteraksi namun hanya sedikit siswa yang menjawab interaksi guru, yang menjawab guru siswanya hampir selalu sama sedangkan siswa yang lain hanya membaca grup karena belum terbiasa dengan cara belajar menggunakan whatsapp, sedangkan pada pengumpulan tugas siswa selalu mengerjakan dengan baik meskipun materi yang diberikan guru kurang lengkap, setiap tugas yang dikirimkan semua bisa mengerjakan karena siswa bisa mencari jawaban dengan membrowsing pembelajaran di internet, sehingga siswa dapat menambah informasi yang belum disampaikan guru

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Dec 2020 06:39
Last Modified: 08 Dec 2020 06:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29035

Actions (login required)

View Item View Item