Penggunaan Alat Komunikasi Daring Via WhatsApp Group dalam Pembelajaran Seni Tari pada Kelas X OTKP SMK Kartika 1-2 Padang

Syafira, Rahmi (2020) Penggunaan Alat Komunikasi Daring Via WhatsApp Group dalam Pembelajaran Seni Tari pada Kelas X OTKP SMK Kartika 1-2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_RAHMI_SYAFIRA_16023029_2201_2020.pdf

Download (72kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan alat komunikasi daring via whatsapp group dalam pembelajaran seni tari pada kelas X OTKP SMK Kartika 1-2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Objek penelitian ini adalah siswa dengan kelas X OTKP SMK Kartika 1-2 Padang, dimana siswanya terdiri dari 29 orang siswa. Instrument peneliti ini adalah peneliti sendiri dan dibantu dengan alat pengumpulan data seperti video-vidio tari, group whatsapp, dan observasi langsung dengan guru bersangkutan yang melakukan pembelajaran seni tari tersebut dengan menggunakan alat komunikasi pembelajaran daring. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan alat komunikasi daring via whatsapp group ini berjalan sangat baik, siswa bisa belajar dari sumber mana saja yang pada masa saat sekarang ini dimanapun dan kapapun kita bisa belajar melalui teknologi/HP. Siswa bisa mengakses pelajaran yang dipelajari seperti pembelajaran praktek tari siswa dapat mengaksesnya di youtube dengan mempelajarinnya. Pada pertemuan ke II dan Ke III terlihat siswa memahami dan bisa melakukan gerakan tanpa bantuan guru dan bisa menghafal hanya melalui youtube. Pada pertemuan terakhir terlihat juga hasil belajar yang sangat baik. Tetapi guru tidak bisa menilai sejauh mana kemampuan siswa dalam pembelajaran ini karena guru tidak bisa memantau langsung, guru hanya bisa memberikan arahan berupa solusi melalui whatsapp group tersebut. Dengan demikian peneliti mengambil kesimpulan bahwa penggunaan alat komunikasi daring via whatsapp group dalam pembelajaran seni tari pada kelas X OTKP berjalan dengan baik dan dapat digunakan pada pembelajaran praktek tari ini.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > M Music
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 08 Dec 2020 06:38
Last Modified: 08 Dec 2020 06:38
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29029

Actions (login required)

View Item View Item