Model Integrasi Nilai-nilai Anti LGBT dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi (Studi pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang)

Indrawadi, Junaidi and Nurman, Nurman S and Isnarmi, Isnarmi (2018) Model Integrasi Nilai-nilai Anti LGBT dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Perguruan Tinggi (Studi pada Mahasiswa Universitas Negeri Padang). Project Report. Fakultas Ilmu Sosial UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_475_lapakh_JunaidiLapTahunanPPT20181.pdf

Download (303kB) | Preview

Abstract

Fenomena Lesbian, Gay, Bisexual dan Transgender (LGBT) menjadi salah satu persoalan bangsa yang menyita perhatian publik saat ini. Masalah ini menjadi perdebatan hangat baik dikalangan politisi, pakar hukum maupun akademisi. Sementara disisi lain, pembelajaran Pendidikan Pancasila sebagai mata kuliah pengembangan kepribadian yang mentranformasikan nilai-nilai luhur bangsa belum mampu mengantisipasi perkembangan LGBT tersebut. Penelitian dilakukan pada pada mahasiswa dan dosen yang mengampu mata kuliah Pendidikan Pancasila. Penelitian ini direncanakan dalam dua tahun. Tahun pertama, penelitian ini memetakan, mengeksplorasi dan menganalisis pandangan mahasiswa terhadap eksistensi LGBT dan pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Pancasila di Universitas Negeri Padang. Kemudian hasil pemetaan, eksplorasi dan analisis tersebut dijadikan dasar dalam mendisain model pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai anti LGBT. Tahun Kedua, akan disusun disain model dan dilakukan ujicoba dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai anti LGBT pada perkuliahan Pendidikan Pancasila di Universitas Negeri Padang. Untuk pencapaian tujuan tersebut penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research & Development), dengan langkah-langkah sebagai berikut; merumuskan masalah yang akan diteliti, melakukan need assessment, mengumpulkan data dan menganalisis temuan data empiris, mendisain model, melaksanakan Focus Group Discussion (FGD), revisi model, validasi model oleh ahli, lahir model pembelajaran yang mengintegrasikan nilai-nilai anti LGBT (produk akhir yang akan diuji efektifitasnya pada tahun ke dua). Hasil penelitian menunjukan bahwa, dari aspek penegtahuan, mahasiswa UNP pada umumnya mengetahui secara mendalam tentang LBT dan ciri-ciri LGBT. Kemudian dari aspek sikap, mahasiswa UNP dominan berpendapat bahwa LGBT itu tidak baik, bertentangan dengan nilainilai agama, adat istiadat dan meresahkan masyarakat. Disisi lain, Rencana Perkuliahan Semesteran (RPS) juga belum mengintegrasikan nilai-nilai luhur secara eksplisit termasuk nilai-nilai anti LGBT.Kemudian pelaksanaan pembelajaran juga belum secara optimal menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila termasuk nilai-nilai anti LGBT. Masih banyak perkuliahan Pendidikan Pancasila yang dilaksanakan secara konvensional melalui metode ceramah dan diskusi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:40
Last Modified: 07 Dec 2020 02:40
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29022

Actions (login required)

View Item View Item