Desain Literasi Politik Efektif terhadap Pemilih Pemula melalui Efektivitas Organisasi pada Pemilu Kada di Sumatera Barat

Putri, Nora Eka and Mubarak, Adil (2018) Desain Literasi Politik Efektif terhadap Pemilih Pemula melalui Efektivitas Organisasi pada Pemilu Kada di Sumatera Barat. Project Report. Fakultas Ilmu Sosial UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_479_lapakh_laporanPnbpterapanNEPok.pdf

Download (251kB) | Preview

Abstract

Pada Pemilihan kepala daerah (Pemilu Kada) Kota Padang, Padang Panjang, Pariaman dan Sawahlunto tahun 2018 tingkat partisipasi pemilih berada pada angka yang berbeda beda. Meskipun di antara Pilkada tersebut terdapat yang belum melebihi target nasional (di atas 75%) angka tersebut jauh lebih baik dari Pemilu Kada sebelumnya (tahun 2013). Terjadinya peningkatan persentase pada Pemilu Kada tersebut salah satu factor yang menyebabkannya adalah jumlah pemilih pemula yang meningkat dari Pemilu Kada sebelumnya dan sosialisasi dan literasi politik yang dilakukan oleh KPU Kota Padang, Padang Panjang, Pariaman dan Sawahlunto kepada pemilih. Permasalahan yang akan dikaji dalam tulisan ini adalah bagaimana literasi politik efektif yang dilakukan oleh KPU Kota Padang, Padang Panjang, Pariaman dan Sawahlunto dalam Pemilu Kada tahun 2018? Untuk memecahkan masalah dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Dalam menerapkan desain, data kualitatif dianalisis dengan teknik triangulasi data. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa desain literasi politik yang dilakukan oleh KPU Kota Padang, Padang Panjang, Pariaman dan Sawahlunto adalah Desain Literasi Politik Kreatif, alasannya adalah dari tiga aspek penelitian efektivitas organisasi yaitu motivasi, keluwesan adaptasi dan penilaian pihak luar diketahui bahwa KPU Kota Padang, Padang Panjang, Pariaman dan Sawahlunto telah melaksanakan desain literasi politik kreatif bagi pemilih pemula yaitu selain melaksanakan literasi politik sesuai dengan aturan yang berlaku dan KPU Kota Padang, Padang Panjang, Pariaman dan Sawahlunto juga melakukan kreativitas melalui teknologi informasi, melalui event-event yang melibatkan masyarakat termasuk di dalamnya pemilih pemula.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: J Political Science > JC Political theory
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Ilmu Administrasi Negara - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 07 Dec 2020 02:26
Last Modified: 07 Dec 2020 02:26
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29018

Actions (login required)

View Item View Item