Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang

Ayu, Poni Putri (2020) Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Prosedur Siswa Kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_02_PONI_PUTRI_AYU_16016021_2685_2020.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sebelum menggunakan model picture and picture. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sesudah menggunakan model picture and picture. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model picture and picture terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen one group pretest and posttest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 dengan jumlah 318 siswa dari 10 kelas. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan standar deviasi dari sepuluh kelas tersebut. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil tes keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII 3 SMP Negeri 13 Padang sebelum dan sesudah menggunakan model picture and picture. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks prosedur. Selanjutnya, data dianalisis dengan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, uji persyaratan analisis data, dan uji-t. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sebelum menggunakan model picture and picture berada pada kualifikasi Cukup (C) dengan nilai rata-rata 61,98. Kedua, keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang sesudah menggunakan model picture and picture berada pada kualifikasi Baik (B) dengan nilai rata-rata 83,72. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) diterima pada taraf kepercayaan dan derajat kebebasan (dk) = (n-1) karena thitung > ttabel (8,36 > 1,70). Berdasarkan perbedaan nilai rata-rata keterampilan menulis teks prosedur terlihat bahwa penggunaan model picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang. Oleh karena itu, disimpulkan penggunaan model picture and picture memberikan pengaruh terhadap keterampilan menulis teks prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 13 Padang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:56
Last Modified: 04 Dec 2020 02:56
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29013

Actions (login required)

View Item View Item