Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas VIII SMPN 13 Padang

Fauzia, Nikmathul (2020) Pengaruh Penggunaan Media Manipulatif Berbasis Pendekatan Saintifik Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Peserta didik Kelas VIII SMPN 13 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai oleh peserta didik selama proses pembelajaran matematika. Namun pada kenyataannya pemahaman konsep matematika peserta didik kelas VIII SMPN 13 Padang masih rendah. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya adalah peran peserta didik yang masih pasif dalam membangun dan menemukan konsep matematika serta proses pembelajaran yang masih berorientasi pada pendidik. Upaya yang dapat dilakukan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika peserta didik salah satunya adalah dengan menggunakan media manipulatif berbasis pendekatan saintifik. media manipulatif berbasis pendekatan saintifik dapat mengubah kondisi belajar yang pasif menjadi aktif dan kreatif, serta mengubah pembelajaran yang berorientasi kepada pendidik menjadi berorientasi kepada peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan media manipulatif berbasis pendekatan saintifik di kelas VIII SMPN 13 Padang. Jenis penelitian yang digunakan adalah pre-experiment (pra-eksperimen) dengan rancangan penelitian one group pre-test post-test design. Populasi pada penelitian ini adalah kelas VIII SMPN 13 Padang dengan sampel kelas VIII.3. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes pemahaman konsep matematika yang berbentuk soal essay. Berdasarkan hasil analisis data, dapat dilihat bahwa pada taraf signifikan 0,05 dengan melakukan uji-t sampel berpasangan diperoleh P-value = 0,000, karena P-value maka H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika peserta didik yang pembelajarannya menggunakan media manipulatif berbasis pendekatan saintifik di kelas VIII SMPN 13 Padang. Ini berarti media manipulatif berbasis pendekatan saintifik memberikan pengaruh positif terhadap pemahaman konsep matematika peserta didik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:39
Last Modified: 05 Apr 2021 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/29004

Actions (login required)

View Item View Item