Pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cyclese terhadap kompetensi belaajar peserta didik kelas XI MIPA SMA 1 Pertiwi Padang

Azzani, Ella (2020) Pengaruh penerapan model pembelajaran Learning Cyclese terhadap kompetensi belaajar peserta didik kelas XI MIPA SMA 1 Pertiwi Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Permasalahan di SMA Pertiwi 1 Padang yaitu model pembelajaran yang digunakan belum bervariasi, rendahnya minat peserta didik dalam mengikuti pembelajaran, rendahnya kompetensi belajar peserta didik dari aspek pengetahuan, sikap, dan keterampilan. Upaya yang dapat dilakukan yaitu menerapkan model pembelajaran Learning Cycle 5E pada materi sistem gerak di SMA Pertiwi 1 Padang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap kompetensi belajar peserta didik Kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Experimental) dengan rancangan penelitian yaitu Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik Kelas XI MIPA SMA Pertiwi 1 Padang yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berjumlah 82 orang yang terkelompok dalam tiga kelas. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, yang terpilih Kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan Kelas XI MIPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah berupa soal posttest untuk kompetensi pengetahuan, lembar observasi untuk kompetensi sikap dan penilaian produk untuk kompetensi keterampilan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas data, uji homogenitas data, dan uji hipotesis data dengan uji-t. Hasil penelitian dengan menggunakan uji –t dapat disimpulkan bahwa pada kompetensi pengetahuan peserta didiknilai thitung3,02 > ttabel 1,67,pada kompetensi sikapthitung3,02> ttabel 1,67, dan pada kompetensi keterampilanthitung3,67> ttabel 1,67. Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima.Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penelitian penerapanmodel pembelajaran Learning Cycle 5E berpengaruh positif dan dapat meningkatkankompetensi pengetahuan, sikap, dan keterrampilan peserta didik Kelas XI MIPASMA Pertiwi 1 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:39
Last Modified: 05 Apr 2021 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28998

Actions (login required)

View Item View Item