Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang

Atika, Nur (2020) Kontribusi Keterampilan Membaca Pemahaman terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_NUR_ATIKA_16016078_2620_2020.pdf

Download (93kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Ketiga, menganalisis kontribusi keterampilan membaca pemahaman terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode deskriptif. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain korelasional. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020, yaitu 249 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus Slovin dan diperoleh 70 orang siswa. Data penelitian ini berupa skor hasil tes keterampilan membaca pemahaman dan skor hasil tes keterampilan menulis teks eksposisi. Instrumen penelitian ini, yaitu tes objektif untuk mengukur keterampilan membaca pemahaman dan tes unjuk kerja untuk mengukur keterampilan menulis teks eksposisi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan membaca pemahaman siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang berada pada kualifikasi Baik (B). Hal ini disimpulkan berdasarkan rata-rata hitung sebesar 82,82. Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang berada pada kualifikasi Baik (B). Hal ini terlihat dari perolehan rata-rata hitung tes menulis teks eksposisi sebesar 81,43. Ketiga, keterampilan membaca pemahaman berkontribusi sebesar 45,04% terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang dengan H0 dalam penelitian ditolak, sedangkan H1 diterima karena thitung lebih besar dari ttabel (7,52>1,67). Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterampilan membaca pemahaman berkontribusi terhadap keterampilan menulis teks eksposisi pada taraf signifikan 95%, yaitu thitung lebih besar daripada ttabel dengan dk=n-1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa untuk terampil menulis teks eksposisi diperlukan terampil membaca pemahaman

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:54
Last Modified: 04 Dec 2020 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28982

Actions (login required)

View Item View Item