Pembuatan Scrapbook sebagai Media Informasi untuk Anak-anak tentang Pathfinder (Panduan Pustaka) Layanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat

Oktavia, Nia (2020) Pembuatan Scrapbook sebagai Media Informasi untuk Anak-anak tentang Pathfinder (Panduan Pustaka) Layanan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_NIA_OKTAVIA_17026055_2265_2020.pdf

Download (88kB) | Preview

Abstract

Penulisan makalah ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembuatan scrapbook sebagai media informasi untuk anak-anak tentangpathfinder (panduan pustaka) layanan, dapat membantu pustakawan dan pemustaka perpustakaan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat dalam memahami layanan dan melakukan penelusuran koleksi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Berdasarkan uraian yang telah dijelaskan pada bab sebelumnya dapat disimpulkan hal-hal sebagai berikut: pertama, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan memiliki sembilan layanan pengguna, namun hanya empat layanan yang memiliki alur kerja. Kedua, proses pembuatan scrapbook untuk anak-anak tentang pathfinder layanan Dinas Kearsipan Dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat terdiri dari empat tahapan, yaitu pengambilan data melalui observasi dan wawancara. Kemudian pengambilan gambar alur kerja layanan ini dilakukan setelah mendapatkan hasil wawancara dengan kepala seksi bidang perpustakaan mengenai alur kerja dari layanan perpustakaan. Selanjutnya perancangan scrapbook, dilakukan dengan membuat konsep pathfinder dan scrapbookserta mendeskripsikan gambar alur kerja dari setiap layanan perpustakaan. Penyusunan scrapbook ini dilakukan setelah selesai melakukan perancangan konsep pathfinder. Pada tahapan ini pathfinder sudah berbentuk susunan scrapbook. Ketiga, hasil uji coba mendapatkan tanggapan yang cukup bagus dari anak-anak. Scrapbook membuat anak-anak terkesan dan terhibur saat menggunakannya, anak-anak juga mulai mengenal dan memahami layanan yang ada di Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Sumatera Barat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:54
Last Modified: 04 Dec 2020 02:54
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28981

Actions (login required)

View Item View Item