Pengaruh Keterikatan Karyawan, Efikasi, Kepuasan terhadap OCB dan Loyalitas

Patrisia, Dina and Syahrizal, Syahrizal (2018) Pengaruh Keterikatan Karyawan, Efikasi, Kepuasan terhadap OCB dan Loyalitas. Project Report. Fakultas Ekonomi UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_505_lapakh_laporanPENGARUHKEPUASANPEGAWAI-2-1.pdf

Download (249kB) | Preview

Abstract

Perguruan tinggi saat ini tengah dihadapkan pada kompetisi yang sangat tinggi. Perguruan tinggi yang akan bertahan adalah yang mampu menciptakan produk dan layanan yang sesuai dengan keinginan para stakeholders seperti mahasiswa dan pihak pengguna jasa. Untuk menciptakan keunggulan bersaing perguruan tinggi, salah satu faktor penting yang diperhatikan adalah kualitas sumber daya manusianya. Sumber daya manusia di dalam perguruan tinggi tidak hanya dosen tetapi juga termasuk tenaga kependidikan seperti staf administrasi, tenaga labor dan pustaka. Kualitas Kualitas sumber daya manusia yang baik dapat dilihat dari berbagai factor, diantaranya adalah kemauan mereka untuk memberikan pelayanan melebihi dari yang diharapkan oleh pelanggan serta loyalitas mereka terhadap organisasi. Universitas Negeri Padang (UNP) sebagai salah satu perguruan tinggi negeri di Indonesia juga merasakan hal yang sama. Perguruan tinggi ini perlu menciptakan keunggulan bersaing agar bisa tetap bertahan dan mampu memenangkan persaingan. Pada saat ini memiliki 1125 orang dosen dan 405 orang tenaga kependidikan, sementara jumlah mahasiswa yang dilayani cukup banyak yaitu 39.067 orang. Melayani begitu banyak mahasiswa dengan jumlah staf yang ada saat ini tentu memerlukan upaya yang ekstra dan dituntut kinerja staf yang tinggi seperti mampu melayani dengan baik dan loyalitas terhadap lembaga. Meskipun demikian, loyalitas karyawan/staf bukanlah hal yang bisa muncul begitu saja. Menurut Ineson, Benke, and László (2013) ada banyak hal yang mempengaruhi loyalitas, seperti kepuasan karyawan. Lebih lanjut, salah satu dampak dari kepuasan karyawan selain dari loyalitas adalah kemauan mereka untuk melayani pelanggan melebihi apa yang diharapkan atau yang dikenal dengan Organizational Citizenship Behavior (OCB) (Ocampo, Tan, & Sia, 2018). Beberapa penelitian terdahulu berpendapat bahwa loyalitas dan OCB baru bisa di dapatkan apabila karyawan telah puas dengan pekerjaan mereka (Jun, Cai, & Shin, 2006; Ocampo et al., 2018; Xie, Zhou, Huang, & Xia, 2017). Kepuasan karyawan juga tidak bisa diciptakan dengan tiba-tiba karena ada banyak faktor yang akan mempengaruhi kepuasan karyawan (De Simone, Planta)

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:53
Last Modified: 04 Dec 2020 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28979

Actions (login required)

View Item View Item