Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Keterikatan Pelanggan terhadap Loyalitas: Religiusitas sebagai Pemoderasi

Abror, Abror and Patrisia, Dina and Engriani, Yunita (2018) Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kepuasan Pelanggan dan Keterikatan Pelanggan terhadap Loyalitas: Religiusitas sebagai Pemoderasi. Project Report. Fakultas Ekonomi UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_506_lapakh_LaporanAKHIRbanksyariah.pdf

Download (328kB) | Preview

Abstract

Loyalitas nasabah merupakan salah satu hal yang penting dalam pengembangan perbankan Syariah di Sumatera Barat. Berbagai faktor berpotensi mempengaruhi loyalitas nasabah, diantaranya adalah kepuasan pelanggan, kualitas pelayanan dan keterikatan pelanggan. Faktor religiusitas juga berpotensi memoderasi pengaruh kualitas pelayanan dan keterikatan pelanggan terhadap kepuasan pelanggan. Penelitian yang melihat faktor-faktor penentu loyalitas nasabah, khususnya pada nasabah perbankan Syariah di Indonesia masih kurang. Penelitian ini merupakan penelitian kausatif yang bertujuan untuk melihat pengaruh kualitas pelayanan, keterikatanpelanggan dan kepuasan terhadap loyalitas dengan variabel religiusitas sebagai pemoderasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh nasabah aktif pada perbankan Syariah yang ada di Sumatera Barat. Sampel penelitian ini berjumlah 400 respondent dari 4 kabupaten kota yang memiliki perbankan Syariah. Penelitian ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) sebagai alat analisis. Sebelum analisis utama, penelitian ini juga melakukan beberapa tes awal seperti uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedastisitas, validitas dan reliabilitas. Penelitian ini menemukan bahwa keterikatan pelanggan dan kepuasan akan berpengaruh terhadap loyalitas, namun penelitian ini tidak menemukan pengaruh signifikan dari religiusitas sebagai pemoderasi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Fakultas Ekonomi > Manajemen - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 04 Dec 2020 02:53
Last Modified: 04 Dec 2020 02:53
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28978

Actions (login required)

View Item View Item