Citra Perempuan dalam Novel Midah Simanis Bergigi Emas Karya Pramoedya Ananta Toer dan Implementasinya dalam Pembelajaran Menulis Teks Novel Kelas XII SMA

Syafitri, Mega (2020) Citra Perempuan dalam Novel Midah Simanis Bergigi Emas Karya Pramoedya Ananta Toer dan Implementasinya dalam Pembelajaran Menulis Teks Novel Kelas XII SMA. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MEGA_SYAFITRI_16016077_2675_2020.pdf

Download (101kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan citra perempuan dalam novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer, ditinjau dari dua aspek, yaitu citra perempuan sebagai pribadi dan citra perempuan sebagai anggota masyarakat dan implementasinya dalam pembelajaran menulis teks novel kelas XII SMA. Citra merupakan gambaran yang dimiliki orang banyak mengenai sebuah pribadi, bermakna bahwa kepribadian seseorang dapat dilihat melalui tindakan, ucapan, cara bergaul, berpakaian, dan pola pikir yang ia kembangkan dalam menyelesaikan setiap persoalan yang ia ahadapi baik yang berat maupun yang ringan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif berdasarkan analisis isi. Objek penelitian ini adalah novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan membaca dan memahami novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer, menandai bagian-bagian khusus tentang citra perempuan, dan menginventarisasikan data mengenai data citra perempuan di dalam novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer dengan menggunakan format. Analisis data dilakukan dengan (1) mengidentifikasi data yang sudah dikumpulkan, apakah menggambarkan aspek yang diteliti atau tidak, (2) mengklasifikasi atau menganalisis data yang dapat diabstraksi sebagai data citra perempuan dengan menggunakan format, (3) mengiterpretasi data, yaitu menafsirkan data yang telah terkumpul, (4) mengklasifikasi implementasi citra perempuan dalam pembelajaran menulis teks novel kelas XII SMA, (5) menarik kesimpulan dan (6) menulis laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra perempuan sebagai pribadi dalam novel Midah Simanis Bergigi Emas karya Pramoedya Ananta Toer, yaitu perempuan yang memiliki ciri keindahan, perempuan yang lemah lembut, perempuan yang rendah hati dan perempuan yang memiliki keteguhan hati yang kuat dan citra perempuan sebagai anggota masyarakat yaitu perempuan sebagai anggota keluarga dan perempuan sebagai masyarakat sosial.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:45
Last Modified: 02 Dec 2020 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28974

Actions (login required)

View Item View Item