Bentuk Penyajian Kesenian Kasidah Rebana dalam Acara Pesta Perkawinan di Jorong Saroha Tamiang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten PasamanBarat

Marlisna, Marlisna (2020) Bentuk Penyajian Kesenian Kasidah Rebana dalam Acara Pesta Perkawinan di Jorong Saroha Tamiang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten PasamanBarat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_06_MARLISNA_16023068_2074_2020.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bentuk Penyajian Kesenian Kasidah Rebana Dalam Acara Pesta Perkawinan Di Jorong Saroha Tamiang Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Untuk mendapatkan tentang Bentuk Penyajian Kesenian Kasidah Rebana Dalam Acara Pesta Perkawinan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mendapatkan segala hal yang berkaitan dengan topik tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka, observasi, wawancara dan teknik dokumentasi.Perkembangan zaman yang semakin canggih dan banyaknya budaya dan kesenian yang masuk dalam masyarakat membuat pengaruh positif dan negatif namun, kesenian kasidah rebana di Jorong Saroha Tamiang masih mampu dan masih menjadi pilihan masyarakat dalam acara pesta perkawinan. Bentuk Penyajian Kesenian Kasidah Rebana Dalam Acara Pesta Perkawinan kini telah banyak mengalami perubahan kearah yang lebih modern sesuai dengan perkembangan zaman. Bisa dilihat dari tata suara yang disediakan panitia adalah seperangkat shound syistem serta formasi yang di tata apik oleh grup rebana di atas panggung. Berdasarkan bentuk komposisinya, pola ritme yang dimainkan sesuai alat musik ritmisnya, ditambah dengan melodi yang dimainkan oleh keyboard dipadu dengan harmonisasi akor dan pembagian suara. Vokalis menyanyikan lagu sesuai struktur bentuk lagunya serta ekspresi sesuai dengan syair lagu. Semua digabung menghasilkan paduan rebana yang indah. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang dapat penulis berikan kepada grup adalah untuk lebih berkreativitas misalnya dalam hal mengaransemen dan memperbanyak referensi lagu, aransemen yang berbeda baik itu komposisi musik, kostum. sehingga lebih menarik dan banyak diminati oleh masyarakat pada umumnya. Bentuk penyajian kasidah rebana adalah berbentuk Ansambel campuran yang menggunakan 12 orang pemain yang terdiri dari dua orang vokalis, dua orang memainkan Tamborin, dua orang memainkan Rhitym, dua orang memainkan bas, tiga orang memainkan ketipung dan satu orang pemain Keyboard.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari dan Musik - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:45
Last Modified: 02 Dec 2020 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28973

Actions (login required)

View Item View Item