Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Higher Order Thinking Skills untuk Pembelajaran Ekonomi SMA (Tahun Kedua dari Rencana 2 Tahun Penelitian)

Kurniawati, Tri and Tasman, Abel (2018) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Higher Order Thinking Skills untuk Pembelajaran Ekonomi SMA (Tahun Kedua dari Rencana 2 Tahun Penelitian). Project Report. Fakultas Ekonomi UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_528_lapakh_LaporanAkhirPPTTriKurniawatiFE2018.pdf

Download (487kB) | Preview

Abstract

Dalam proses pembelajaran dibutuhkan perangkat pembelajaran yang akan menunjang kegiatan belajar mengajar. Keberadaan perangkat pembelajaran ini memegang peranan penting untuk mencapai efektifitas proses belajar mengajar. Ada berbagai perangkat pembelajaran yang dibutuhkan dan dipersiapkan guru. Diantaranya seperti Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), bahan ajar, modul, media pembelajaran dan termasuk Lembar Kerja Siswa (LKS). Dalam istilah asing LKS juga dikenal dengan nama student worksheet. LKS digunakan dalam proses belajar mengajar untuk membimbing siswa memperoleh pengetahuan yang mereka pelajari, membentuk skill dan juga nilai-nilai. LKS juga memungkian siswa untuk belajar secara aktif, belajar mandiri dan termasuk belajar di luar kelas. LKS yang akan dikembangkan dalam penelitian ini lebih berbasis higher order thinking skills. Penelitian ini dilakukan dengan desain penelitian pengembangan selama dua tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) Mata Pelajaran Ekonomi SMA berbasis Higher Order Thinking Skill. Kegiatan pengembangan LKS berbasis higher order thinking skills secara konseptual dan prosedural mengacu pada metode pengembangan pendidikan secara umum. Model pengembangan yang digunakan adalah model Plomp (1982). Tahapan pengembangan model Plomp terdiri dari lima langkah yakni; (1) investigasi awal, desain, (3) konstruksi, (4) tes, evaluasi dan revisi, (5) implementasi. Hasil akhir dari penelitian ini adalah LKS untuk mata pelajaran ekonomi SMA kelas 1 yang berbasis higher order thinking skills.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 02 Dec 2020 02:45
Last Modified: 02 Dec 2020 02:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28968

Actions (login required)

View Item View Item