Rekayasa Pengembangan Pasar Jagung di Sentral Produksi Jagung Sumatera Barat

Ariusni, Ariusni and Sentosa, Sri Ulfa (2018) Rekayasa Pengembangan Pasar Jagung di Sentral Produksi Jagung Sumatera Barat. Project Report. Fakultas Ekonomi UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_539_lapakh_LaporanAkhirLengkap2018.pdf

Download (181kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis (1). mensosialisasikan rekayasa model pemasaran kepada lembaga yang berkepentingan, (2). Menindenfikasikan peningkatan pengetahuan pemasaran jagung bagi petani jagung, Metode penelitian yang digunakan meliputi: 1). Menyusun bagan alir penelitian dalam bentuk diagram vertikal dan juga dalam bentuk tulang ikan (fishbone diagram). 2). Penentuan populasi dan sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah Petani jagung dan Expert. Jumlah sampel petani jagung sebanyak 90 orang. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. 3) Metode Pengumpulan Data terdiri dari: Data sekunder diperoleh dari kantor Dinas Pertanian Pangan Tingkat Propinsi, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Bappeda Propinsi Sumbar, KADIN, BPS, Lembaga Keuangan, Lembaga Perguruan Tinggi Negeri, dan bagian Perekonomian Tingkat Propinsi. Data primer dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner. Selain dari pada itu data primer dikumpulkan melalui pelaksanaan Rancangan Eksperimen semu yang akan digunakan adalah Rancangan Non Equivalent Control Group.4) Metode analisis data: a) Untuk menganalisis data dengan menggunakan perbedaan dua parameter rata-rata yaitu menggunakan analisis 2 sampel yang tak homogen (heterogen). Luaran, Indicator Capaian meliputi: a). Publikasi ilmiah dalam jurnal internasional, jurnal nasional. b). Seminar ilmiah internasional. Pengumpulan data telah dilakukan dilapangan melalui penyebaran kuesioner kepada petani jagung yang telah diberikan pelatihan dan juga kepada petani jagung yang tidak diberikan pelatihan. Hasil penelelitian menemukan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan dan pemahaman petani jagung yang diberikan pelatihan dengan kelopok kontrol yang tidak diberikan pelatihan tentang pemasaran produk jagung melalui koperasi pertanian, model pemasaran jagung tradisional didaerah sentra produksi jagung dan rekayasa model pemasaran jagung tradisional didaerah sentra produksi jagung. Namun tidak ada perbedaan pengetahuan pada kedua kelompok petani tersebut tentang margin pemasaran komoditi jagung.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi - S2
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Dec 2020 04:05
Last Modified: 01 Dec 2020 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28966

Actions (login required)

View Item View Item