Model Pengembangan dan Pembinaan Industri Batik Tanah Liek sebagai Basis Penguatan Perekonomian Kreatif dan Eksistensi Budaya Ranah Minang (Tahun ke 2 dari Rencana 2 Tahun)

Rahmidani, Rose and Armiati, Armiati (2018) Model Pengembangan dan Pembinaan Industri Batik Tanah Liek sebagai Basis Penguatan Perekonomian Kreatif dan Eksistensi Budaya Ranah Minang (Tahun ke 2 dari Rencana 2 Tahun). Project Report. Fakultas Ekonomi UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_540_lapakh_ROSERAHMIDANI_PENELITIANTERAPAN_FEUNP1.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembinaan dan pelatihan pada industri batik tanah liek di Sumatera Barat. Penelitian ini dirancang melalui pendekatan Research and Development (RnD) yang di dalamnya terdapat dua kegiatan yaitu meneliti lalu hasil penelitian tersebut dikembangkan guna memperbaiki program yang sudah ada sebelumnya. Produk yang dihasilkan dalam penelitian ini dikembangkan melalui langkah-langkah pengembangan oleh Sugiyono. Kegiatan awal penelitian untuk mengumpulkan informasi mengenai industri kerajinan batik tanah liek di Sumatera Barat dilakukan di tiga lokasi di propinsi Sumatera Barat yakni di Kabupaten Dharmasraya, Kabupaten Pesisir Selatan dan Kota Padang. Penelitian ini menggunakan instrumen yang terdiri dari; instrumen analisis kebutuhan yang terdiri dari angket, panduan wawancara dan panduan observasi, serta instrumen validasi berupa angket. Instrumen validasi produk adalah angket yang diisi oleh pakar yang terdiri dari angket validasi buku model. Data penelitian ini dianalisis melalui teknik analisis data deskriptif kualitatif untuk mendeskripsikan kevalidan dari model. Kegiatan penelitian ini sudah sampai pada tahap pengumpulan data awal di lapangan. Kegiatan penelitian ini telah selesai dilakukan pada 7 pelaku usaha industri batik tanah liek yang tersebar di Sumatera Barat tepatnya pada industri batik tanah liek di Kota Padang, Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil identifikasi masalah-masalah dan identifikasi Faktor Eksternal dan Internal pada Industri Batik tanah liek di Sumatera Barat, maka peneliti memfokuskan kegiatan pembinaan ini pada aspek promosi. Hal ini dikarenakan bahwa kegiatan promosi yang dilakukan oleh industri ini belum maksimal sehingga produk-produk Batik Tanah Liek di Sumatera Barat ini belum dikenal oleh masyarakat Sumatera Barat secara keseluruhan. Kegiatan promosi yang efektif saat ini adalah melalui promosi melalui media sosial karena banyak pelaku-pelaku usaha yang sukses dalam pemasaran melalui promosi ini. Oleh karena itu, pada kegiatan ini akan dilakukan kegiatan pengembangan model pembinaan pada industri Batik Tanah Liek di Sumatera Barat pada aspek promosi melalui media sosial. Adapun media sosial yang dimaksud pada penelitian ini adalah promosi melalui instagram dan facebook. Kegiatan pengembangan model pembinaan dan pelatihan telah mengembangkan buku model dan instrumen penelitian untuk memvalidasi buku model tersebut. Buku model terdiri dari: 1) Buku model pelatihan promosi melalui media sosial, 2) Buku model untuk instruktur, dan 3) buku model untuk pelaku usaha. Berdasarkan hasil validasi oleh pakar, diperoleh hasil bahwa ketiga buku pendukung model tersebut sudah valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pelatihan. Luaran penelitian ini adalah: 1) artikel yang sudah dipublish pada artikel prosiding seminar internasional, 2) artikel yang akan dipublikasikan dalam jurnal internasional, 3) draft bahan ajar Manajemen Strategi, dan 4) Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Dec 2020 04:05
Last Modified: 01 Dec 2020 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28965

Actions (login required)

View Item View Item