Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Intellectualcapital terhadap Business Performance Perbankan Syariah di Indonesia

Mulyani, Erly and Sari, Astri Yuza (2018) Pengaruh Corporate Social Responsibility dan Intellectualcapital terhadap Business Performance Perbankan Syariah di Indonesia. Project Report. Fakultas Ekonomi UNP, Padang.

[img]
Preview
Text
1_541_lapakh_LaporanAkhirErly.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bank adalah perbankan atau yang lebih dikenal dengan lembaga keuangan yang berfungsi sebagai media untuk penyaluran dana bagi masyarakat yang kelebihan dana ataupun masyarakat yang kekurangan dana. Di Indonesia terdapat dua jenis sektor perbankan, yaitu perbankan yang berbasis syariah dengan perbankan yang berbasis konvensional. Untuk mengetahui kondisi business performance suatu bank, maka dapat dilihat melalui laporan keuangan yang disajikan oleh suatu bank secara periodik. Menurut Kasmir (2014) penilaian business performance bank dapat dilihat dari beberapa aspek diantarany profitabilitas. ROA digunakan untuk mengukur profitabilitas bank karena Bank Indonesia sebagai pembina dan pengawas perbankan lebih mengutamakan nilai profitabilitas suatu bank yang diukur dengan aset yang dananya sebagian besar dari dana simpanan masyarakat. Semakin besar ROA suatu bank, semakin besar pula tingkat keuntungan yang dicapai bank, dan semakin baik posisi bank tersebut dari segi penggunaan aset (Dendawijaya, 2005), sedangkan yang faktor mempengaruhi business performance perusahaan adalah corporate social responsibility (CSR)(Gantino, 2016) dan intellectual capital (ihyaul, 2008). Perumusan masalah dari penelitian ini adalah 1) bagaimanakah pengaruh corporate social responsibilityterhadap business performance perbankan syariah di Indonesia; 2) bagaimanakah pengaruh intellectual capitalterhadap business performance perbankan syariah di Indonesia; dan 3) bagaimanakah pengaruh corporate social responsibility dan intellectual capital secara bersama-sama terhadap business performance perbankan syariah di Indonesia. Jenis penelitian ini adalah penelitian kausatif. Dimana data yang digunakan adalah data sekunder. Objek penelitian ini adalah laporan keuangan dan laporan tahunan bank umum syariah yang ada di Indonesia periode 2009 sampai dengan 2017. Tekknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah analisis regresi berganda melalui program SPSS. Hasil pengujian menunjukkan bahwa Intellectual Capital (Value Added Intellectual Coefficient ) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja bank(Return on Asset) pada Bank Umum Syariah. Sedangkan Corporate Social Responsibility berpengaruh negatif dan tidak signifikanterhadap Kinerja Bank(Return on Asset) pada Bank Umum Syariah dan Corporate social responsibility dan intellectual capital berpengaruh secara bersama-sama terhadap business performance perusahaan perbankan syariah di Indonesia.

Item Type: Monograph (Project Report)
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Sudia Ajjronisa S.Sos.
Date Deposited: 01 Dec 2020 04:05
Last Modified: 01 Dec 2020 04:05
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28963

Actions (login required)

View Item View Item