Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Sijunjung

Daulay, Fasraida (2020) Efektivitas Penggunaan Model Problem Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Sijunjung. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
3_A_FASRAIDA_DAULAY_14063052_807_2020.pdf

Download (900kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya siswa kelas XI TITL SMK Negeri 2 Sijunjung yang ketuntasan belajar dibawah KKM pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya nilai siswa adalah penggunaan model pembelajaran yang belum menuntut peran aktif siswa dalam pembelajaran. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian dengan menggunakan model problem based learning untuk mencapai pembelajaran yang lebih efektif sehingga meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Instalasi Tenaga Listrik (TITL) yang berjumlah 30 orang terdaftar pada tahun ajaran 2019/2020 di SMK Negeri 2 Sijunjung. Soal uji coba instrument pretest dan posttest masing-masing berjumlah 30 butir. Setelah tes dilakukan, maka dicari validitas soal pretest dan posttest. Berdasarkan analisis soal uji coba, didapatkan soal yang valid untuk pretest 23 soal dan posttest 23 soal. Reliabilitas soal pretest dan posttest tergolong sangat tinggi dengan hasil perhitungan masing-masing 0,815 dan 0,855. Tingkat kesukaran pretest dengan kategori 5 soal berkategori mudah, 25 soal berkategori sedang, sedangkan pada soal posttest 8 soal berkategori mudah dan 22 soal berkategori sedang. Daya beda soal pretest 1 soal berkategori baik sekali, 4 soal berkategori baik, 15 soal berkategori cukup dan 10 soal berkategori jelek. Sedangkan daya beda soal posttest 7 soal berkategori baik, 12 soal berkategori cukup, dan 11 soal berkategori jelek. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes hasil belajar (posttest) berupa soal objektif sebanyak 23 soal. Kemudian dilakukan analisis dengan menggunakan uji Gain Score untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa rata-rata nilai pretest sebelum menerapkan model Problem Based Learning sebesar 70,77 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 50% dan rata-rata nilai posttest setelah menerapkan model Problem Based Learning adalah 86,03 dengan persentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 86,67%. Nilai Gain Score diperoleh dengan membandingkan nilai posttest dan prettest tersebut dengan score yang didapatkan adalah 0,45 dengan kategori peningkatan sedang. Berdasarkan data-data tersebut, disimpulkan bahwa efektivitas penggunaan model Problem based learning (PBL) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TITL pada mata pelajaran Instalasi Tenaga Listrik di SMK Negeri 2 Sijunjung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:19
Last Modified: 01 Dec 2020 02:19
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28955

Actions (login required)

View Item View Item