A Semantic Analysis of Minangkabaunese Verbs Connected to the Semantic Primes Touch: A Natural Semantic Metalanguage Study

Rannas, Karina Safira (2020) A Semantic Analysis of Minangkabaunese Verbs Connected to the Semantic Primes Touch: A Natural Semantic Metalanguage Study. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_04_KARINA_SAFIRA_RANNAS_16019008_2260_2020.pdf

Download (89kB) | Preview

Abstract

Studi ini menganalisis kata-kata dalam bahasa Minangkabau yang memiliki semantic prime yang sama: TOUCH menggunakan teori Natural Semantic Metalanguage (NSM). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data yang ditemukan dalam penelitian ini berasal dari transkripsi wawancara dengan 10 informan dari kota Padang yang direkam.Data dikumpulkan dengan menggunakan pedoman wawancara, peralatan rekaman, dan peralatan menulis. Model analisis data interaktif digunakan untuk menganalisis data. Dari data yang dikumpulkan dan dianalisis ada 13 allolexies dari semantic prime TOUCH di bahasa Minangkabau. Untuk polysemies ada 8 pasangan semantic prime yang ditemukan. Meskipun semua 13 kata memiliki semantic prime yang sama, mereka tidak persis sama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PE English
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Bahasa dan Sastra Inggris - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:18
Last Modified: 01 Dec 2020 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28953

Actions (login required)

View Item View Item