Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman

Aldrina, Inayyah (2020) Pengaruh Penggunaan Model Picture and Picture terhadap Keterampilan Menulis Teks Cerita Fantasi Siswa Kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_INAYYAH_ALDRINA_16016013_1778_2020.pdf

Download (103kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini terdri atas tiga. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman sebelum menggunakan model picture and picture. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman sesudah menggunakan model picture and picture. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model picture and picture terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah one group pretest-posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman yang terdaftar pada tahun ajaran siswa 2019/2020 yang berjumlah 192 orang dan tersebar dalam enam kelas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 32 orang siswa yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman sebelum menggunakan model picture and picture dan keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman sesudah menggunakan model picture and picture. Data dianalisis dengan menggunakan rumus persentase, rumus rata-rata hitung, dan uji-t. Instrument penelitian ini adalah tes unjuk kerja, yaitu tes keterampilan menulis teks cerita fantasi sebelum dan sesudah menggunakan model picture and picture. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman sebelum menggunakan model picture and picture berada pada kualifikasi Hampir Cukup (HC) dengan nilai rata-rata 52,99. Kedua, keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman sesudah menggunakan model picture and picture berada pada kualifikasi Lebih dari Cukup (LdC) dengan rata-rata hitung 69,53. Ketiga, berdasarkan uji-t, hipotesis alternatif (H1) pada taraf signifikan 95%vdan derajat kebebasan (dk)= n-1 karena thitung > ttabel , yaitu 4,59 > 1,70. Berdasarkan hasil penelitian dan pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model picture and picture berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks cerita fantasi siswa kelas VII SMP Negeri 7 Pariaman. Oleh karena itu, model ini dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif model pembelajaran keterampilan menulis teks cerita fantasi pada tingkat SMP

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:18
Last Modified: 01 Dec 2020 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28946

Actions (login required)

View Item View Item