Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi terhadap Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Perdesaan di Provinsi Sumatera Barat.

Utama, Ayu Rahmadani (2020) Pengaruh Faktor Sosial Ekonomi terhadap Perilaku Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah Perdesaan di Provinsi Sumatera Barat. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_AYU_RAHADANI_UTAMA_15060015_2017_2020.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh umur (X1), jenis kelamin (X2), pendidikan (X3), pendapatan (X4), status pekerjaan (X5), jumlah anggota rumah tangga (X6), dan pengetahuan (X7) terhadap peluang pengelolaan sampah perdesaan di Provinsi Sumatera Barat. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data SUSENAS tahun 2017 dengan teknik pengumpulan data dokumentasi dari Badan Pusat Statistik. Analisis data yang digunakan adalah regresi logistik dengan jumlah semua responden sebanyak 5.996 orang. Hasil penelitian memperlihatkan : (1) Umur berpengaruh positif tidak signifikan terhadap peluang pengelolaan sampah perdesaan di Provinsi Sumatera Barat (2) Jenis kelamin berpengaruh positif signifikan terhadap peluang pengelolaan sampah perdesaan di Provinsi Sumatera Barat (3) Pendidikan berpengaruh positif signifikan terhadap peluang pengelolaan sampah perdesaan di Provinsi Sumatera Barat (4) Pendapatan berpengaruh negatif tidak signifkan terhadap peluang pengelolaan sampah perdesaan di Provinsi Sumatera Barat (5) Status pekerjaan berpengaruh positif signifikan terhadap peluang pengelolaan sampah perdesaan di Provinsi Sumatera Barat. (6) Jumlah Anggota Rumah Tangga berpengaruh positif tidak signifikan terhadap peluang pengelolaan sampah perdesaan di Provinsi Sumatera Barat. (7) Pengetahuan berpengaruh positif signifikan terhadap peluang pengelolaan sampah perdesaan di Provinsi Sumatera Barat. Dari hasil penelitian, maka disarankan kepada masyarakat untuk melakukan pengelolaan sampah yang baik dan benar, melakukan sosialisai di daerah perdesaan tentang kebersihan lingkungan hidup dalam pengelolaan sampah yang baik ditingkat rumah tangga, membiasakan perilaku untuk memilah sampah sejak dini di tingkat rumah tangga.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 01 Dec 2020 02:18
Last Modified: 01 Dec 2020 02:18
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28941

Actions (login required)

View Item View Item