Analisis Determinan Ketimpangan Pendapatan di Indonesia

Oksamulya, Aufa (2020) Analisis Determinan Ketimpangan Pendapatan di Indonesia. Diploma thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_9_AUFA_OKSAMULYA_1606001_1600_2020.pdf

Download (287kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis (1) pengaruh pendidikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia, (2) pengaruh foreign direct investment (fdi) terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia, dan (3) pengaruh migrasi terhadap ketimpangan pendapatan di Indoensia. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dan asosiatif.. Data yang digunakan berupa data sekunder yang berupa data panel dari tahun 2014-2018 di 32 provinsi Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui teknik dokumentasi dan studi kepustakaan yang didapat dari lembaga dan instansi yang bersangkutan. Penelitian ini pada analisis induktif terdapat beberapa uji, yaitu: : (1) Model Regresi Panel (2) Uji Asumsi Klasik (3) Uji t (4) uji f. Hasil yang diperolah dari penelitian ini menjelaskan bahwa (1) pendidikan berpengaruh secara signifikan dan terdapat hubungan negatif terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia yang mana nilai probabilitasnya sebesar 0,0000. (2) Foreign Direct Investment (FDI) berpengaruh secara tidak signifikan dan terdapat hubungan yang negatif terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia yang mana nilai probabiliasnya sebesar 0,7328. dan (3) migrasi berpengaruh secara signifikan dan terdapat hubungan positif terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia yang mana nilai probabilitasnya sebesar 0,0296. Secara bersama-sama Pendidikan, Foreign Direct Investment (FDI), dan Migrasi berpengaruh signifikan terhadap ketimpangan pendapatan di Indonesia pada α = 5%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi > Ilmu Ekonomi - S2
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 30 Nov 2020 04:15
Last Modified: 30 Nov 2020 04:15
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28937

Actions (login required)

View Item View Item