Relevansi Ketersediaan Koleksi Perpustakaan dan Kebutuhan Informasi Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok

Afprima, Fiena (2020) Relevansi Ketersediaan Koleksi Perpustakaan dan Kebutuhan Informasi Pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_07_FIENA_AFPRIMA_6234011_2313_2020.pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Ketersediaan koleksi di Perpustakaan merupakan hal utama dan terpenting, karena tanpa adanya koleksi yang baik dan memadai perpustakaan tidak akan berarti, sedangkan kebutuhan informasi yaitu suatu kebutuhan yang muncul atas kesadaran dalam diri seseorang yang menyadari bahwa pengetahuan yang dimiliki tidak cukup dalam menyelesaikan suatu masalah pada subjek tertentu. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana relevansi ketersediaan koleksi perpustakaan dan kebutuhan informasi pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok. Jenis penelitian ini yaitu kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian diperoleh dari hasil wawancara dengan pustakawan dan pemustaka. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa relevansi ketersediaan koleksi perpustakaan dan kebutuhan informasi pemustaka di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok yaitu pertama, jenis koleksi yaitu informasi yang didapat pemustaka belum melengkapi kebutuhan informasi pemustaka. Kedua, jumlah koleksi perpustakaan kurang mencukupi dan kurang sesuai dengan kebutuhan informasi pemustaka. Ketiga, kemutakhiraan atau keterbaruan (up to date), banyaknya koleksi-koleksi dengan tahun terbit lama membuat informasi yang dibutuhkan pemustaka tidak sesuai dengan yang diinginkan. Keempat, kerelevanan koleksi belum sepenuhnya sesuai dengan kebutuhan informasi pemustaka. Kelima, kualitas koleksi yaitu Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Solok memiliki kualitas fisik koleksi yang baik serta tersampul rapi, sedangkan untuk kualitas isi pemustaka menyatakan kurang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Ilmu Informasi, Perpustakaan dan Kearsipan - D3
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 30 Nov 2020 03:03
Last Modified: 30 Nov 2020 03:03
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28934

Actions (login required)

View Item View Item