Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang

Syahri, Elvina (2020) Keefektifan Kalimat dalam Teks Eksposisi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_ELVINA_SYAHRI_16016097_2562_2020.pdf

Download (102kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan keefektifan kalimat dari segi kejelasan struktur dalam teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang, (2) mendeskripsikan keefektifan kalimat dari segi kelogisan makna dalam teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang, (3) mendeskripsikan keefektifan kalimat dari segi kehematan kata dalam teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang, (4) mendeskripsikan keefektifan kalimat dari segi kebakuan kata dalam teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Data dalam penelitian ini adalah kalimat dalam teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang. Sumber data dalam penelitian ini adalah tugas siswa sebanyak 20 teks eksposisi siswa kelas VIII 5 SMP negeri 34 Padang. Kehadiran peneliti dalam penelitian ini sebagai instrumen pengumpulan data (human instrument). Data penelitian ini dikumpulkan melalui studi dokumentasi. Teknik pengabsahan data yang digunakan adalah teknik triangulasi. Hasil penelitian ini ada empat. Pertama, keefektifan kalimat dari segi kejelasan struktur terdapat 89 kesalahan. Kesalahan kejelasan struktur banyak diakibatkan karena subjek dan predikat kalimat tidak ada. Kedua, keefektifan kalimat dari segi kelogisan makna terdapat 70 kesalahan. Ketidaklogisan kalimat disebabkan karena antara subjek dan predikat diselipkan unsur lain, sehingga hubungan subjek dan predikat tidak logis. Ketidaklogisan kalimat juga diakibatkan oleh kalimat yang digunakan tidak paralel karena kelas kata yang digunakan berbeda. Ketiga, keefektifan kalimat dari segi kehematan kata terdapat 21 kesalahan. Ketidakhematan kata disebabkan oleh penggunaan dua subjek yang sama dan kata bersinonim dalam satu kalimat. Dua subjek yang sama digunakan pada kalimat majemuk. Subjek cukup digunakan dalam kalimat inti karena sudah dapat mewakili subjek anak kalimat. Kata yang bersinonim jika digunakan dalam satu kalimat menyebabkan kalimat rancu. Keempat, keefektifan kalimat dari segi kebakuan kata terdapat 30 kesalahan. Ketidakbakuan kata disebabkan oleh salah penggunaan istilah, penggunaan bahasa asing, dan kata yang tidak baku sesuai KBBI. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kalimat dalam teks eksposisi siswa kelas VIII SMP Negeri 34 Padang tidak efektif. Hal tersebut dibuktikan dari 229 kalimat yang diteliti, terdapat 23 kalimat efektif dan 206 kalimat tidak efektif dengan 210 kesalahan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Divisions: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 27 Nov 2020 06:07
Last Modified: 27 Nov 2020 06:07
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28922

Actions (login required)

View Item View Item