Hubungan Kelengkapan Fasilitas Worshop terhadapAktivitas Belaj ar Siswa pada Mata Diklat Fabrikasi di SMK Negeri 5 Padang

Hersa, Febri (2018) Hubungan Kelengkapan Fasilitas Worshop terhadapAktivitas Belaj ar Siswa pada Mata Diklat Fabrikasi di SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_A_FEBRI_HERSA_14067004 _6555_2019.pdf

Download (508kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya permasalahan yang berhubungan fasilitas yaitu adanya permasalahan tentang fasilitas pada workshop dalam praktik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kelengkapan fasilitas workshop terhadap aktivitas belajar siswa mata diklat fabrikasi kelas XI jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini bersifat korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Mesin tahun ajaran 2018/2019 yang berjumlah 84 siswa di SMK N egeri 5 Padang. Sampel diambil dari keseluruhan jumlah populasi yang ada dari setiap kelas dengan menggunakan teknik rando sampling hingga mendapatkan sampel sebanyak 69 siswa. Pengambilan data penelitian dilakukan dengan menyebarkan angket model skala Likert yang telah di uji validitas dan realibilitasnya. Data yang dikumpulkan dianalisis secara statis dengan bantuan komputer program SPSS versi 16:00/or windows. Berdasarkan penelitian ditemukan : terdapat hubungan yang positif dan berarti (signifikan) antara fasilitas worksop dengan aktivitas siswa mata diklat fabrikasi kelas XI jurusan Teknik Mesin di SMK Negeri 5 Padang. Adanya hubungan yang berarti tersebut ditunjukkan oleh r hitung = 0,613 > r tabel = 0,316. Besarnya sumbangan fasilitas worksop dengan aktivitas siswa pada mata diklat fabrikasi kelas XI SMK N egeri 5 Padang adalah sebesar 3 7 ,5 % sedangkan 62,5 % ditentukan oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Nov 2020 06:45
Last Modified: 25 Nov 2020 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28902

Actions (login required)

View Item View Item