Evaluasi Pengaruh Geometri Jalan Angkut Terhadap Produktivitas Dump Truck pada Pengangkutan Batubara dari Loading Point ke Stockpile di Site Ampelu PT. Nan Riang Kecamatan Muara Tembesi KabupatenBatanghari Provinsi Jambi

Oktafian, Nanda (2018) Evaluasi Pengaruh Geometri Jalan Angkut Terhadap Produktivitas Dump Truck pada Pengangkutan Batubara dari Loading Point ke Stockpile di Site Ampelu PT. Nan Riang Kecamatan Muara Tembesi KabupatenBatanghari Provinsi Jambi. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
11_A_NANDA_OKTAFIAN_14137065_5759_2019.pdf

Download (639kB) | Preview

Abstract

PT. Nan Riang merupakan perusahaan pertambangan batubara yang berlokasi di Kecamatan Muara Tembesi Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. Target produksi harian batubara sebesar 2.000 ton/hari, sedangkan produksi aktual sebesar 1.216,148 ton/hari. Salah satu faktor yag mempengaruhi ketidaktercapaian target produksi adalah kondisi j alan angkut. Berdasarkan pengamatan di lapangan kondisi umum jalan angkut bergelombang dan banyak terdapat material yang berserakan serta pada saat berpapasan terdapat alat angkut yang harus berhenti karenajalan yang sempit. Berdasarkan pengukuran geometri jalan angkut aktual didapatkan lebar jalan aktual berkisar antara 8,4-18,79 meter sedangkan secara teoritis lebar jalan lurus adalah 12 meter. Lebar jalan tikungan aktual berkisar antara 10,44-19,21 meter sedangkan secara teoritis lebar jalan tikungan adalah 17 meter. Grade jalan aktual mulai dari 1,20% hingga 15,32% sedangkan grade jalan ideal sebesar 8%. Cross slope aktual berkisar 0-131 mm/m. Nilai cross slope untuk lebar jalan 12 meter adalah 0,04 dan beda tinggi sebesar 24 cm. Nilai superelevasi untuk lebar tikungan 17 meter adalah 0,05 dan beda tinggi sebesar 85 cm. Setelah dievaluasi terdapat 2 segmen lebar jalan lurus yang perlu dilakukan penambahan lebar yaitu segmen B-C dan C-D dan 3 segmen lebar jalan tikungan, yaitu segmen A-B, F-G, dan H-1, serta penurunan grade di segmen B-C dan E-F Produktivitas dump truck CWM 330 PS dengan kondisi aktual sebesar 1.216,148 ton/hari. Produktivitas dump truck CWM 330 PS setelah dilakukan perbaikan efisiensi kerja yaitu sebesar 1.884,02 ton/hari. Produktivitas teoritis dump truck CWM 330 PS setelah perbaikan efisiensi kerja dan geometri jalan ideal sebesar 2.246, 12 ton/hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pertambangan - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Nov 2020 06:45
Last Modified: 25 Nov 2020 06:45
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28898

Actions (login required)

View Item View Item