Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pengelasan Siswa Kelas X1 Jurusan Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2018/2019

Dinilhaq, Afdal (2019) Hubungan Antara Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pengelasan Siswa Kelas X1 Jurusan Teknik Pengelasan di SMK Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat Tahun Pelajaran 2018/2019. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
7_A_AFDAL_DINILHAQ_15067046_2019.pdf

Download (530kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi bahwa masih rendahnya basil belajar siswa Jurusan Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat,pada mata pelajaran pengelasan dan kebanyakan siswa mengalami kesulitan dalam aktivitas belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang motivasi belajar dan basil belajar serta melihat korelasi motivasi belajar dengan basil belajar siswa. Penelitian ini bersifat kolerasional dengan menggunakan pendekatan kuantitatif untuk melihat hubungan antara motivasi belajar dengan basil belajar. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Pengelasan SMK Negeri 1 Lembah Melintang sebanyak 61 orang yang terdaftar pada tahun ajaran 2018/2019. Sampel yang digunakan adalah sebanyak 38 orang menggunakan rumus dari Riduwan. Pengumpulan data dari responden di lakukan melalui angket penelitian. Pengolahan data mengunakan bantuan program Excell dan SPSS (Statistic Product Service Solution) versi 18,00.Penelitian ini berasal dari observasi dan monitoring langsung penulis pada siswa kelas XI SMK N egeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat pada tahun pelajaran 2018/2019, bahwa basil belajar siswa masih ada yang di bawah Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan hipotesis memperlihatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi belajar dengan basil belajar siswa kelas XI mata pelajaran teknik pengelasan di SMK Negeri 1 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat, dengan besar sumbangan sebesar 51,3%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 25 Nov 2020 03:35
Last Modified: 25 Nov 2020 03:35
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28878

Actions (login required)

View Item View Item