Revitalisasi Khazanah Surau dalam Perspektif Pendidikan Islam Modern

Alfurqan, Alfurqan (2020) Revitalisasi Khazanah Surau dalam Perspektif Pendidikan Islam Modern. In: Revitalisasi Khazanah Surau dalam Perspektif Pendidikan Islam Modern. Deepublish, Yogyakarta, pp. 1-65. ISBN 978-623-02-0859-1

[img]
Preview
Text
Buku_Revitalisasi_Khazanah_Surau_lengkap_ALFURQON_1.pdf

Download (887kB) | Preview

Abstract

Buku ini berupaya menggali kearifan nilai-nilai dalam khazanah pendidikan keislaman yang pernah dikembangkan di Minangkabau pada surau-surau masa lalu yang memiliki relevansi dengan masa kini dan dapat dikembangkan sebagai model pendidikan Islam modern seperti madrasah dan pesantren yang ada di wilayah Minangkabau. Asumsi dasar dari penelitian ini adalah bahwa surau pada dasarnya telah membentuk nilai-nilai yang relevan dengan sistem kebudayaan masyarakat Minangkabau dari waktu ke waktu dan telah membentuk karakter pendidikan keislaman yang tepat bagi generasi muda Minangkabau yang mengakar dari pengalaman keagamaan dan sistem kebudayaan yang diwariskan secara turun temurun, dan oleh karena itu sangat penting untuk direvitalisasi bagi pengembangan pendidikan keislaman modern di Minangkabau. Sejauh ini, penerapan ABS-SBK yang bermuatan kearifan lokal, sebagaimana disemai di surau-surau pada masa lalu di wilayah Minangkabau, belum diserap dalam kurikulum Pendidikan karakter di Madrasah dan Pesantren, seperti BAM, Tahfiz, Pendidikan Moral. Demikian pula dalam keseluruhan bidang pelajaran yang diajarkan di kedua lembaga ini. Kekayaan khazanah yang pernah dikembangkan di Surau hampir dipastikan tidak banyak diserap, atau malah tidak ada. Padahal, banyak dari khazanah pendidikan di surau yang perlu untuk diinternalisasi kembali. Bentuk-bentuk dari nilai-nilai luhur keagamaan dan kekayaan intelektual, moral dan estetika, adat istiadat yang dikembangkan di surau-surau tidak sepenuhnya kuno dan usang. Malah sangat relevan dengan pendidikan Madrasah dan Pesantren. Buku ini menjelaskan khazanah Surau yang relevan untuk direvitalisasi dalam sistem pendidikan keislaman modern saat ini berupa: kurikulum, nilai-nilai sosial dan kemandirian, nilai-nilai dialogis dalam memahami agama, penghormatan terhadap guru dan nilai-nilai spiritual.

Item Type: Book Section
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Agama Islam-S1
Depositing User: Mrs. Wiwi Sartika
Date Deposited: 23 Nov 2020 07:00
Last Modified: 30 Nov 2020 00:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28861

Actions (login required)

View Item View Item