Hubungan Kelincahan dan Koordinasi Mata-Tangan dengan Keterampilan Dasar Bolabasket Siswa SMP Negeri 2 Payakumbuh yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler

Sabtian, Mhd. Amy (2020) Hubungan Kelincahan dan Koordinasi Mata-Tangan dengan Keterampilan Dasar Bolabasket Siswa SMP Negeri 2 Payakumbuh yang Mengikuti Kegiatan Ekstrakulikuler. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_MHD_AMY_SABTIAN_16086167_2031_2020.pdf

Download (68kB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya kemampuan keterampilan dasar bermain bolabasket siswa SMP negeri 2 Payakumbuh. Hal tersebut dilihat pada penguasaan teknik dasar yang masih banyak tidak bisa diselesaikan dengan baik, seperti dribbling yang melambung tinggi, passing yang tidak terarah dan shooting yang gagal. Banyak faktor yang mempengaruhi masalah tersebut salah satunya yaitu kemampuan Kelincahan dan koordinasi maa-tangan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kelincahan dan koordinasi mata-tangan dengan keterampilan dasar pemain bolabasket siswa SMP Negeri 2 Payakumbuh yang mengikuti kegiatan ekstrakulikuler. Jenis penelitian ini adalah korelasional. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh pemain yang rutin latihan berjumlah sebanyak 20 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Dengan jumlah sampel adalah keseluruhan atau 20 orang. Data dikumpulkan dengan menggunakan pengukuran terhadap ketiga variabel. Untuk variabel kelincahan menggunakan tes shuttle run dan koordinasi mata-tangan dengan tes ballwerfen und fangen. Sedangkan keterampilan dasar seperti passing dengan mengunakan tes passing, dribbling dengan menggunakan tes dribling, dan shooting yaitu dengan menggunakan tes kemampuan shooting. Data dianalisis dengan korelasi product moment dan dilanjutkan dengan korelasi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kelincahan mempunyai hubungan secara signifikan dengan keterampilan teknik dasar bolabasket dan diterima kebenarannya secara empiris, dengan thitung=2.26 > ttabel=1.73. 2) Koordinasi mata-tangan mempunyai hubungan secara signifikan dengan keterampilan dasar bolabasket dan diterima kebenarannya secara empiris, dengan thitung=2,95 > ttabel=1.73. 3) Kelincahan dan koordinasi mata-tangan secara bersama-sama mempunyai hubungan secara signifikan dengan keterampilan dasar bolabasket dan diterima kebenarannya secara empiris, dengan Fhitung=7,76 >Ftabel = 3,59. Dengan besar sumbangan 46,24 %.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine and Food > Medicine General > RC1200 Sports Medicine
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan > Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi - S1
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 13 Nov 2020 06:49
Last Modified: 13 Nov 2020 06:49
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28810

Actions (login required)

View Item View Item