Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Komposisi Dewan Komisaris Independen terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018).

Herdi, Fitri (2020) Pengaruh Profitabilitas, Leverage, dan Komposisi Dewan Komisaris Independen terhadap Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) (Studi Empiris pada Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2014-2018). Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_6_FITRI_HERDI_16043088_1954_2020.pdf

Download (330kB) | Preview

Abstract

Perkembangan CSR terkait dengan semakin parahnya kerusakan lingkungan yang terjadi di Indonesia maupun di dunia, mulai dari pencemaran udara, tanah, air, eksploitasi sumber daya alam dan tenaga kerja yang pada akhirnya mengganggu kelangsungan hidup manusia, ini semua sangat perlu dilakukan pengungkapan. Pengungkapan CSR diaturdalamperaturanUndang-Undang RI No.40 tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas, namun bentuk laporan CSR masihsangatbervariatifkarenabelumadaaturanresmidalammenyajikankegiatan CSR. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh profitabilitas, leverage, dan komposisi dewan komisaris independen terhadap pengungkapan tanggung jawab sosial perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2014 hingga 2018. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling, dan total sampel 29 perusahaan pertambangan. Data yang digunakan adalah data sekunder. Hasil penelitian menunjukkan profitabilitas tidak berpengaruh, dimana tingkat signifikansi tersebut lebih besar dari α, yakni sig. 0,171 > α (0,05). Selain itu, hasil penelitian leverage tidak berpengaruh bahwa tingkat signifikansi tersebut lebih besar dari α, yakni sig. 0,881 > α (0,05). Selanjutnya hasil penelitian komposisi dewan komisaris independen tidak berpengaruh dimana tingkat signifikansi tersebut lebih besar dari α, yakni sig. 0,053 > α (0,05). Rekomendasi untuk peneliti selanjutnya diharapkan untuk menambah variabel lain dan mencoba melakukan peelitian selain perusahaan pertambangan dan menambah rentang waktu yang dijadikan penelitian.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
T Technology > TS Manufactures
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 13 Nov 2020 06:48
Last Modified: 13 Nov 2020 06:48
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28802

Actions (login required)

View Item View Item