Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik di Kelas X SMK Negeri 2 Painan

Alizar, M (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Gambar Teknik di Kelas X SMK Negeri 2 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_M. ALIZAR_15067094_570_2020.pdf

Download (984kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi perbedaan aktivitas dan hasil belajar siswa antara model pembelajaran Jigsaw dengan metode pembelajaran konvensional. Berdasarkan Pengalaman Lapangan Kependidikan (PLK) yang dilakukan di SMK Negeri 2 Painan, guru mata pelajaran masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Hal ini mengakibatkan banyak siswa yang dalam proses pembelajarannya kurang aktif dan kurang memperhatikan serta merasa bosan pada saat proses pembelajaran berlangsung. Hal ini dapat dilihat dari rendahnya hasil belajar siswa kelas X TKR pada mata diklat Gambar Teknik. Jenis penelitian ini adalah studi kooperatif dengan menggunakan dua kelompok. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas X jurusan Otomotif SMK Negeri 2 Painan yang berjumlah 52 orang, 27 orang pada kelas eksperimen. Peneliti menerapkan pre-test dan post-test hal ini terlihat dari hasil uji hipotesis yang telah dilakukan menggunakan rumus uji t, diperoleh nilai thitung>ttabeI (6,332>2,006). Sehingga dapat dikatakan hipotesis yang diajukan telah diterima. Keberhasilan penggunaan model pembelajaran jigsawjuga dapat dilihat dari rata-rata post-test yaitu 87,111 sedangkan rata-rata pre-test adalah 73,185. Maka dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran jigsawberhasil meningkatkan hasil belajar Gambar Teknik siswa kelas X TKR di SMK Negeri 2 Painan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 05 Apr 2021 00:39
Last Modified: 05 Apr 2021 00:39
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28786

Actions (login required)

View Item View Item