Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS di SMA Adabiah 2 Padang.

Fitri, Selsa Della (2020) Pengaruh Motivasi Belajar dan Persepsi Kemampuan Berpikir Kritis terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Kelas X IPS di SMA Adabiah 2 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_SELSA_DELLA_FITRI_15053123_2737_2020.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh motivasi belajar dan persepsi kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMA Adabiah 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan asosiatif kausal menggunakan SPSS versi 26. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan dokumentasi penelitian. Populasi yang ada dari 102 siswa dalam pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling dengan total 82 siswa. Uji coba instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data dengan analisis deskriptif dan induktif menggunakan uji normalitas, uji heterokedastisitas, uji multikolinieritas, uji regresi berganda dan uji hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Dari hasil penelitian menunjukan: (1) Motivasi Belajar dan Persepsi Kemampuan Berpikir Kritis secara bersama-sama memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap hasil belajar ekonomi siswa dilihat dari nilai sig. 0,000 < 0,05. (2) Terdapat pengaruh positif dan signifikan motivasi belajar terhadap hasil belajar ekonomi siswa dilihat dari Sig. 0,000 < 0,05. (3) Tidak terdapat pengaruh signifikan pada persepsi kemampuan berpikir kritis terhadap hasil belajar ekonomi dilihat dari Sig. 0,946 > 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Nov 2020 07:37
Last Modified: 11 Nov 2020 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28785

Actions (login required)

View Item View Item