Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Painan

Sahara, Rani (2020) Pengaruh Penerapan Model Flipped Learning dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Painan. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_1_RANI_SAHARA_16053112_1960_2020.pdf

Download (184kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah pada kelas yang menerapkan model flipped learning; (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah pada kelas yang menerapkan model konvensional; (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi pada kelas yang menerapkan model flipped learning dengan siswa yang memiliki motivasi tinggi pada kelas yang menerapkan model konvensional: (4) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi rendah pada kelas yang menerapkan model flipped learning dengan siswa yang memiliki motivasi rendah pada kelas yang menerapkan model konvensional: (5) Interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar. Jenis penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk quasi experimen. Populasi penelitian adalah semua siswa kelas XI SMA Negeri 2 Painan. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Sampel pada penelitian ini berjumlah 63 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah pada kelas yang menerapkan model flipped learning; (2) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dengan siswa yang memiliki motivasi rendah pada kelas yang menerapkan model konvensional; (3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi pada kelas yang menerapkan model flipped learning dengan siswa yang memiliki motivasi tinggi pada kelas yang menerapkan model konvensional: (4) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi rendah pada kelas yang menerapkan model flipped learning dengan siswa yang memiliki motivasi rendah pada kelas yang menerapkan model konvensional: (5) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar dalam mempengaruhi hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 11 Nov 2020 07:37
Last Modified: 11 Nov 2020 07:37
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28781

Actions (login required)

View Item View Item