Nilai-nilai Syariat Islam dalam Novel Ayah karya Andrea Hirata dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel di Kelas XII

Maulana, Yulia Citra (2020) Nilai-nilai Syariat Islam dalam Novel Ayah karya Andrea Hirata dan Implikasinya dalam Pembelajaran Teks Novel di Kelas XII. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_01_YULIA_CITRA_MAULANA_16016031_2837_2020.pdf

Download (104kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan nilai-nilai syariat Islam yang diungkapkan dalam novel Ayah karya Andrea Hirata. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan mimesis. Data penelitian ini adalah data kualitatif, yaitu data yang terdapat berwujud kata, frasa, dan kalimat yang mengandung nilai syariat Islam dalam novel Ayah karya Andrea Hirata. Teknik pengumpulan data penelitian ini, yaitu pengidentifikasian data tokoh-tokoh, pengidentifikasian data satuan-satuan peristiwa, dan pengidentifikasian data nilai-nilai syariat Islam dalam novel Ayah karya Andrea Hirata. Teknik penganalisisan data penelitian ini, yaitu (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian, nilai-nilai syariat Islam yang ditemukan dalam novel Ayah karya Andrea Hirata ditemukan. Pertama, dua puluh nilai syariat Islam wajib dengan indikator melaksanakan shalat wajib bagi kaum muslim laik-laki, kewajiban sebagai anak berbakti kepada orang tu, kewajiban seorang suami yang merawat istrinya. Kedua, dua puluh nilai syariat Islam haram dengan indikator mempercayai sesuatu hal yang bersifat syirik atau menyekutukan Allah termasuk perbuatan yang dilarang oleh Allah Swt. Ketiga, delapan nilai syariat Islam sunnah dengan indikator seorang ibu memberikan hadiah kepada anaknya, agar dapat membahagiakan anaknya. Keempat, 25 nilai syariat Islam mubah dengan indikator seseorang yang ingin mengucapkan terima kasih kepada orang0orang yang berjasa dalam hidupnya. Kelima, delapan nilai syariat Islam makruh dengan indikator memiliki rasa sakit hati pada orang lain, sehingga merugikan pada diri sendiri.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: Fitri Yelli
Date Deposited: 10 Nov 2020 06:43
Last Modified: 10 Nov 2020 06:43
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28768

Actions (login required)

View Item View Item