Kontribusi Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif di Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang

Usman, Ali (2020) Kontribusi Efikasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif di Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
9_A_ALI_USMAN_15073027_844_2020.pdf

Download (835kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu cara yang dilakukan dalam rangka menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Keberhasilan siswa dalam belajar ditunjukkan berdasarkan prestasi belajamya. Banyak faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa salah satunya efikasi diri. Maka masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah tentang kontribusi efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar otomotif di kelas X jurusan teknik kendaraan ringan SMK negeri 5 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kontribusi atau sumbangan Efikasi Diri terhadap Prestasi Belajar siswa pada mata pelajaran Pekerjaan Dasar Otomotif di Kelas X Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif yang bersifat korelasional yang berkaitan dengan pengumpulan data untuk memperoleh informasi tentang hubungan antar variabel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Jurusan Teknik Kendaraan Ringan SMK Negeri 5 Padang dengan jumlah 45 siswa. Besamya sampel pada penelitian ini adalah seluruh populasi penelitian. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data efikasi diri siswa berupa kuesioner ( angket) skala efikasi diri dengan menggunakan skala likert. Sedangkan untuk prestasi belajar siswa menggunakan nilai ujian semester genap tahun ajaran 2018/2019. Uji coba instrumen dilakukan kepada 30 siswa yang tidak termasuk dalam sampel penelitian, sehingga didapatkan 7 item pemyataan yang tidak valid dan hasil uji reliabilitas diperoleh nilai koefisien alpha sebesar 0,970. Uji hipotesis statistik dilakukan dengan menggunakan rumus korelasi produk momen dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan positif antara efikasi diri dengan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pekerjaan dasar otomotif di kelas X jurusan teknik kendaraan ringan SMKN 5 Padang. Hal ini berdasarkan nilai koefisien korelasi antara efikasi diri dengan prestasi belajar (rxy) sebesar 0,372 lebih besar dari nilai r tabel (0,294) pada taraf signifikansi 0,05 dengan tingkat korelasi yang tergolong dalam kategori rendah. Besamya kontribusi efikasi diri terhadap prestasi belajar siswa adalah sebesar 14,16%

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
T Technology > GT Technology (general)
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif - S1
Depositing User: Mrs. Dina Aulia Sari
Date Deposited: 10 Nov 2020 02:44
Last Modified: 10 Nov 2020 02:44
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28756

Actions (login required)

View Item View Item