Meta-Analisis Penerapan E-Modul Penggunaan E-Modul Ikatan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di Kota Pariaman.

Putri, Gia Aprina (2020) Meta-Analisis Penerapan E-Modul Penggunaan E-Modul Ikatan Kimia Berbasis Pendekatan Saintifik terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X di Kota Pariaman. Masters thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_GIA_APRINA_PUTRI_18176020_2990_2020.pdf

Download (502kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan meta-analisis penerapan e-modul dan efektivitas penggunaan e-modul ikatan kimia terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA di Kota Pariaman. J enis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan penelitian non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini diambil dari tiga level nilai UN (tinggi, sedang, dan rendah) yang populasinya adalah SMAN 1 Pariaman, SMAN 4 Pariaman, dan SMAN 6 Pariaman. Sampel penelitian diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian digunakan tes hasil belajar siswa yang terdiri dari tes awal (pretest) dan tes akhir (posttest) dan berupa 20 soal objektif. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa sampel terdistribusi normal dan homogen sehingga dapat dilakukan uji-t dan diperoleh nilai t ~ tl-a untuk SMAN 1 Pariaman thitung (4.739) > tabel (1.67022), SMAN 4 Pariaman thitung (3.494) > ttabel (1.67203), dan SMAN 6 Pariaman thitung (4.129) > ttabel (1.68195), maka Ho ditolak. Data hasil belajar kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. N-Gain yang didapatkan pada setiap sekolah kelas eksperimen lebih tinggi dan pada kelas kontrol. Hasil penelitian ini juga didukung oleh hasil meta- analisis yang menyatakan bahwa penerapan e-modul efektif digunakan dalam proses pembelaj aran.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Q Science > QD Chemistry
Divisions: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Kimia - S1
Depositing User: Mutia Farida
Date Deposited: 09 Nov 2020 05:00
Last Modified: 09 Nov 2020 05:00
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28749

Actions (login required)

View Item View Item