Hubungan Motivasi Memasuki Donia Kerja dengan Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Teknik Pemesinan diSMK Negeri 5 Padang

Avindo, Rovil (2020) Hubungan Motivasi Memasuki Donia Kerja dengan Kesiapan Kerja Peserta Didik Kelas XII Teknik Pemesinan diSMK Negeri 5 Padang. Skripsi thesis, Universitas Negeri Padang.

[img]
Preview
Text
A_7_ROVIL_AVINDO_15067020_709_2020.pdf

Download (633kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berawal dari proses wawancara langsung penulis dengan siswa kelas XII Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Padang yang telah selesai melaksanakan program praktik kerja industri (Prakerin) pada tahun ajaran 2019/2020, Basil dari proses wawancara yang peneliti lakukan pada beberapa siswa yaitu : (1) siswa kurang percaya diri untuk menyatakan siap bekerja sesuai dengan bidang keahliannya, (2) kurangnya keahlian yang dibutuhkan oleh industri serta motivasi dari dalam diri juga kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hubungan motivasi memasuki dunia kerja dengan kesiapan kerja peserta didik kelas XII Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Padang. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kuantitatif bersifat korelasional. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Juli - September 2019. Populasi penelitian berjumlah 76 siswa dan sampel berjumlah 43 siswa kelas XII Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Data hasil motivasi memasuki dunia kerja dan kesiapan kerja dikumpulkan melalui angket dengan menggunakan skala likert kemudian diuji dengan menghitung validitas dan reliabilitasnya. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji linieritas, sedangkan uji hipotesis menggunakan uji korelasi dan uji keberatian korelasi (uji-t) dengan bantuan program SPSS 24. 0 for Windows. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan hipotesis memperlihatkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan dan positif antara motivasi memasuki dunia kerja dengan kesiapan kerja peserta didik kelas XII Teknik Pemesinan di SMK Negeri 5 Padang, dengan koefisien korelasi rhitung > ftabel ,yaitu (0,478 > 0,300) pada signifikansi a = 0,05 dan thitung > ttabel , yaitu (3,967 > 2,016) pada signifikansi a= 0,05.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin - S1
Depositing User: Sri Yulianti, S.IP
Date Deposited: 29 Mar 2021 03:23
Last Modified: 29 Mar 2021 03:23
URI: http://repository.unp.ac.id/id/eprint/28742

Actions (login required)

View Item View Item